Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Pengrajin Replika Badak di Pandeglang Sulit Pasarkan Produk

Published

on

Korib, pengrajin replika badak di Kecamatan Panimbang, mengaku kesulitan mendapatkan modal dan cara memasarkan produknya. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Kokok ayam terdengar sahut-sahutan saat matahari baru bergerak sepenggalan dari peraduannya, Selasa, 17 Desember 2019. Sesekali terdengar ritmik suara alu alu warga yang tengah menumbuk padi di belakang rumah.

Meski masih pagi, Korib (35), warga Kampung Cisarua, Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, sudah bermandi peluh.

Di saung penuh debu, Korib tampak bersemangat menyelesaikan pembuatan replika badak dari potongan kayu. Badak seperti diketahui adalah ikon Kabupaten Pandeglang dan juga Provinsi Banten.

Kepada wartawan BantenHits.com Engkos Kosasih, Korib mengungkapkan tekad ingin berkembang dan memajukan kampung halamannya melalui sebuah karya. Meski demikian, perjalanannya sebagai pengrajin tidaklah mudah.

BACA :  Ketua DPRD Tangsel Minta Toko Modern Cukup di Perumahan

Selama empat tahun menjadi pengrajin replika badak, dia pernah terjatuh karena kehabisan modal usaha padahal pemesanan waktu itu sangat tinggi. Karena keterbatasan modal itulah, tekadnya waktu itu mulai luntur.

“Selain itu juga saya kesulitan dalam pemasaran, paling di wilayah pandeglang, kadang nitip di gerai-gerai terus kalau ada yang pesan baru bikin,” kata Korib kepada BantenHits.com, Selasa, 17 Desember 2019.

Dia berharap pemerintah bisa menjembatani dalam hal pemasaran, sehingga produksi replika badak bisa berjalan setiap harinya, agar bisa mengajak rekannya yang menganggur.

“Kalau pemasaran lancar, saya di sini tidak akan membuat badak sendiri saja, karena dulu ada rekan-rekan saya, tetapi karena kesulitan dalam pemasarannya akhirnya satu persatu teman saya nyari pekerjaan yang lain untuk menutupi kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

BACA :  Disnaker Tangerang Surati Perusahaan yang Tolak Pelamar Kerja Tanpa e-KTP

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler