Connect with us

METROPOLITAN

Tahun 2020, Disnaker Bakal Rekrut Ribuan Pengangguran di Lebak

Published

on

Kepala Disnakertrans Lebak Maman Suparman ketika memberikan keterangan pers kepada awak media. (Dok. BantenHits).

Lebak- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupateb Lebak mengaku akan merekrut ribuan pengangguran di bumi Multatuli di tahun 2020. Rencananya para tuna karya akan direkrut untuk mengikuti pelatihan.

“Ribuan pengangguran kita rekrut untuk diberikan keahlian. Diikutsertakan dalam program pelatihan yang dilaksanakan Balai Latihan Kerja (BLK) Lebak,” kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Lebak Maman SP saat dihubungi BantenHits, Selasa, 17 Desember 2019.

Menurut Maman, program pelatihan di BLK disesuaikan dengan bakat dan minat para peserta seperti pelatihan pengelasan, instalasi listrik, perhotelan, rumah makan, komputer dan menjahit sepatu.

BACA :  Kementerian Keuangan Kembali Apresiasi Kinerja Keuangan Kota Tangerang

“Untuk program pelatihan menjahit kita bekerjasama dengan PT PWI. Terutama kaitan rekrutmen tenaga kerja-nya,”katanya.

Lebih lanjut Maman menjelaskan PT PWI akan menyeleksi peserta pelatihan untuk kemudian di rekrut menjadi karyawannya. Pada tahun 2020 mendatang, Pemkab Lebak melalui Disnakertrans telah mengalokasikan anggaran biaya penyelenggaraan pelatihan menjahit untuk 496 orang.

“Semoga saja semua peserta dapat diterima menjadi karyawan karena memang program pelatihan itu untuk mengantarkan peserta masuk ke dunia kerja. Khususnya PT PWI,”katanya.

Baca Juga: Angka Kemiskinan di Kabupaten Lebak Turun 8,3 Persen di Tahun 2019

Lebih lanjut Maman menjelaskan, bahwasannya, Disnakertrans melalui BLK Lebak tidak hanya menjalin kerjasama dengan PT PWI tetapi juga dengan banyak pihak. Diantaranya  dengan BLK Serang ,BLK Bekasi dan BLK Bandung.

BACA :  KMP Manggala Alami Kecelakaan, Bongkar Muat di Dermaga II Merak Terganggu

“Bersama BLK Bekasi, kita melaksanakan pelatihan Perhotelan, BLK Bandung melatih mesin bubut,  BLK Serang instalasi. Kemudian kita juga menjalin kerjasama dengan Sekolah Penerbangan Kota Serang karena memang kita menargetkan memberikan pelatihan kepada 1000-an orang,”katanya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler