Connect with us

METROPOLITAN

Periksa Alat Keselamatan Kapal di Pelabuhan Merak, KSOP Klas I Banten: Ada Beberapa Temuan Minor

Published

on

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten bersama Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI Saat melakukan Pemeriksaan Kapal. (BantenHits.com/Iyus Lesmana).

Cilegon- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten bersama Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI lakukan uji petik atau pemeriksan kapal penyebrangan di Pelabuhan Merak, Kamis, 19 Desember 2019.

Pemeriksaan dilakukan terhadap alat keselamatan kapal, alat pemadam kebakaran, perlengkapan navigasi dan radio, sistem permesinan, serta kelengkapan dokumen dan SOP di atas kapal, termasuk sistem pengikatan kendaraan (lashing) kendaraan di Kapal Mabuhay yang sandar di dermaga I Pelabuhan Merak.

Setelah melakukan pemeriksaan di Dermaga I petugas juga melakukan pemeriksaan serupa kepada kapal Port Link di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak.

BACA :  DBM Lebak Alokasikan Rp 86 M untuk Pemeliharaan dan Peningkatan Jalan Jembatan

Ari Wibowo Kasie Keselamatan Kapal Penumpang dan Penangkap Ikan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Dirjen Perhubungan Laut mengatakan pemeriksaan kapal penumpang bertujuan untuk memastikan kelaiklautan seluruh armada angkutan laut dalam rangka menjamin terselenggaranya peringatan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Ada beberapa temuan minor saat dilakukan uji petik dan harus segera diperbaiki temen-temen dikapal deadlinenya pada tanggal 23 Desember, ini dalam rangka Nataru. Tidak semua mengabaikan keselamatan tetapi ada beberapa temuan kecil aja yang harus butuh perawatan salah satunya fire pump kurang maksimal,”ujarnya.

Saat disinggung terdapat lantai kerja pada bagian mesin di Kapal Penumpang Mabuhay yang kondisinya sudah keropos, Ari mengatakan bahwa hal tersebut bisa dilakukan perbaikan pada saat kapal melakukan Doking digalangan kapal. 

BACA :  Tiga Rumah di Cilograng Lebak Rusak Tertimbun Longsor

“Kalau mengenai lantai mesin yang kropos setiap tahun kapal-kap penumpang di wajibkan doking kalau bisa di ganti lantai bisa perawatan yang berjalan,”ungkapnya.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler