Connect with us

METROPOLITAN

Teken MoU dengan Perusahaan Sawit di Kalimantan Cara Pemerintah Minimalisir Pengangguran di Lebak

Published

on

Kepala Disnakertrans Lebak Maman Suparman ketika memberikan keterangan pers kepada awak media. (Dok.BantenHits).

Lebak- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak mengklaim akan melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran di bumi multatuli. Salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan perusahaan swasta.

Tak hanya perusahaan di Lebak, Disnakertrans juga tengah menjajaki pendekatan dengan perusahaan-perusahaan di luar Lebak bahkan Provinsi Banten.

Perusahaan sawit di Kalimantan menjadi salah satu perusahaan yang rutin mau menerima tenaga kerja asal Lebak. Bahkan hanya lulusan SD sekalipun. Hal itu terlaksana usai Pemkab melaksanakan MoU.

“Jadi mereka yang hanya lulusan SD bisa bekerja di perusahaan sawit yang berada di Kalimantan Tengah, Kalimatan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat,”kata Kepala Disnakertrans Lebak, Maman Suparman saat dihubungi BantenHits.com, Sabtu, 21 Desember 2019.

BACA :  Ditabrak Minibus, Sumiadi Tewas di Jalan Raya Mauk

Mereka yang ingun bekerja di perusahaan sawit, kata Maman akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan masing masing Provinsi, misalkan Kalimantan Barat Rp2.500.000, Kalimantan Tengah Rp2.700.000, Kalimantan Selatan Rp2.500.000 dan Kalimantan Timur Rp3.050.000.

“Selain mendapatkan gaji juga, mereka telah mendapat fasilitas yang lainnya, diantaranya tunjangan beras, kesehatan, tempat tinggal. Dan mereka di kontrak kerja oleh perusahaan selama dua tahun bila mereka kerasan kerja dapat di perpanjang kembali,” ungkapnya.

Tak hanya perusahaan sawit, kata Maman Pemkab juga telah kerjasama dengan beberapa perusahaan bahkan sudah MoU dan PT. PWI sudah menampung tenaga kerja asal Lebak sekitar 950 orang pekerja dan 90 persen asal dari Lebak. Dinas telah merekrut sekitar 600 orang untuk dilatih selama 3 hari. Dan untuk penempatan di PWI dan kekurangan kuota dari 600 orang, sekitar 496 orang.

BACA :  Polisi Amankan Sepasang Muda-mudi Pembuang Janin Bayi di Pamulang

“Sementara ini sudah ada sekitar 3422 orang asal lebak yang sudah diberi kesempatan untuk kerja oleh pihak perusahaan,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler