Lewat Lebak Local 4F, Pemkab Perkenalkan Pangan dan Buah Lokal ke Masyarakat Luas  

Date:

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya didampingi Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rahmat Yuniar (Pakai Topi) Lebak saat meninjau kontes buah. (Istimewa).

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak menggelar Lebak Local 4F (Food, Fruits And Folks Festival) di Jalan RT. Nataatmaja, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Minggu, 22 Desember 2019. Tujuannya untuk memperkenalkan pangan dan buah lokal di bumi Multatuli masyarakat luas.

Tak hanya perkenalan, beberapa buah lokal yang tersebar di 28 Kecamatan di kabupaten Lebak seperti pisang tanduk turut dikonteskan dalam acara yang digagas Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Lebak ini.

“Ini salah satu cara pemerintah mengenalkan Kabupaten Lebak beserta isinya baik buah dan pangan ke masyarakat luas di kancah nasional bahkan internasional,”kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya.

Menurut Iti Kabupaten Lebak memiliki banyak kekayaan budaya alam, sumber pangan dan termasuk buah lokal. Namun belakangan ini buah dan pangan lokal di Kabupaten Lebak belum bisa dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal.

Seperti, jagung, ubi kayu, pisang, ganyong, talas, sukun gadung, sebut Iti keberadaannya melimpah namun masih dipandang sebelah mata sehingga kurang perhatian dan kurang diberdayakan.

“Kita masih menganggap komoditas itu adalah merupakan inferior. Karenanta perlu mendapatkan perhatian agar keberadaanya tetap lestari,”tuturnya.

“Buah-buahan lokal juga seperti huni, jamblang, kesemek, menteng, nam-nam, lamoko sudah langka saat ini tapi bagaimana caranya kita harus perhatikan agar tetap lestari,”sambungnya

Sementara Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Rahmat Yuniar mengatakan Lebak Local 4 F ini merupakan salah satu rangkaian HUT Kabupaten Lebak ke-191.

Selain memperkenalkan pangan dan buah lokal ke masyarakat luas, Rahmat menjelaskan acara ini juga bertujuan untuk mewujudkan visi menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

“Mudahan dengan adanya food festival dan kontes buah ini dapat mendukung visi misi ibu bupati dan disetiap destinasi wisata pangan dan buah lokal menjadi unggulan kuliner dan buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Lebak,”tandasnya.

Untuk diketahui, selain kontes buah dalam acara Lebak Local 4F juga diselenggarakan acara masak bareng Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan Chef Topik asal Tangerang selatan dengan bahan baku ubi jalar.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related