Cara Unik Ibu-ibu di Kota Serang Lihat Gerhana Matahari; Berkumpul dan Menonton Baskom Berisi Air

Date:

Sekumpulan emak-emak di Kota Serang saat menyaksikan gerhana matahari melalui baskom berisi air. (BantenHits.com/Mahyadi).

Serang- Segerombolan ibu-ibu di Kampung Jerakah, Kelurahan Warung Jaud, Kecamatan Kasemen, Kota Serang mendadak berkumpul dan menyaksikan tiga buah baskom berisi air, Kamis, 26 Desember 2019.

Bukan tanpa alasan, kekompakan para emak-emak ini ternyata lantaran tak ingin terlewat fenomena langka gerhana matahari. Cara itu dinilai masyarakat menjadu satu cara yang efektif sejak lama.

“Ini cara orang dulu kalau mau liat gerhana itu liatnya dari baskom yang disi air, diliat juga tidak terlalu silau memang lumayan remang (tidak jelas), airnya ini harus diam tidak goyang itu lumayan jelang gerhananya,”kata Tunah salah seorang warga kepada Bantenhits.com di lokasi, Kamis 26 Desember 2019.

Sementara Hariri (23) warga lainya menjelaskan aktifitas melihat gerhana seperti hal yang lumrah dan sering digunakan warga sekitar setiap ada gerhana.

“Sudah biasa, ya kalau ada Gerhana ibu-ibu itu ambil baskom di isi air. Ya kalau liat secara langsung bahaya matanya itu jadi pakai baskom, ini juga tidak lama takut matanya itu,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...