Ratusan Rumah di Bojonegara Serang Terendam Banjir saat Malam Pergantian Tahun, BPBD Sebut Dampak Aktifitas Galian Gunung

Date:

Kondisi pemukiman warga Bojonegara saat terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur semalaman. (BantenHits.com/Mahyadi).

Serang- Ratusan rumah di Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang dilaporkan terendam banjir, Selasa, 31 Desember 2019. Masing-masing Kampung Masigit, Desa Margagiri, Kampung Pasar, Kampung Gunung Santri, dan Kampung Gedong, Desa Bojonegara. 

Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak BPBD Kabupaten Serang, selain karena hujan deras, yang menjadi faktor utama terjadinya banjir dikarenakan kondisi Gunung di wilayah tersebut hancur akibat penggalian yang dilakukan oleh beberapa perusahaan tambang di wilayah itu. 

“Di Desa Bojonegara selain hujan deras, banjir juga disebabkan oleh adanya aktifitas penggalian gunung, dan di Desa Margagiri itu terjadi akibat adanya penyempitan jalur kali serta tersumbatnya gorong-gorong,” jelas Farid Afandi selaku Kasubid BPBD Kabupaten Serang, Rabu 1 Januari 2019.

Sementara Tokoh Pemuda Gunung Santri Suherman mengatakan, banjir di wilayah Bojonegara disebabkan oleh pendangkalan kali. 

“Terus alur di kali untuk pembuangan ke laut, sudah sangat diperkecil oleh perusahaan PT BAM. Arah yang ke sungai dari kali mati tembus ke kali bogem, kali nya sebagian sudah di urug (tutup),” terangnya. 

Untuk itu, dirinya menuntut PT BAM agar bertanggungjawab. 

“Kemana tanggung jawab perusahaan untuk warga Gunung Santri. Terus pembuangan air dari Gunung Santri ke Gurung Cungur sudah kecil tidak bisa menampung debit air yang begitu besar. Hampir tiap tahun banjir dan setiap hujan besar, air yang dari gunung tidak bisa mengalir ke laut,” ucapnya. 

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...