Connect with us

METROPOLITAN

Jembatan Penghubung Antar Kampung di Sajira Lebak Putus Diterjang Banjir, Brimob Polda Banten Buat Rakit Evakuasi Warga

Published

on

Anggota Brimob Polda Banten dan Polres Lebak saat membuat rakit. (Istimewa).

Lebak- Banjir bandang melanda enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Rabu, 1 Januari 2020. Masing-masing Sajira, Cipanas, Lebakgedong, Curugbitung, Cimarga dan Maja.

Tercatat dari data terakhir sedikitnya 14 unit jembatan rusak atau putus, dua sekolah negeri hanyut tak tersisa dan ratusan rumah terendam.

Salah satunya jembatan di Desa Sukarame, Kecamatan Sajira yang putus diterjang derasnya banjir bandang. Padahal jembatan gantung penghubung Kampung Somang Hilir dengan Somang Tengah itu kerap digunakan warga untuk beraktivitas.

Baca Juga: UPDATE Banjir Bandang Lebak; 14 Jembatan Rusak dan 2 Sekolah Negeri Hanyut

Tak tega melihat warga terisolir akibat akses yang terputus Tim SAR Brimob Polda Banten, Polres Lebak bergegas turun dan membantu warga. Ya, para anggota korps bhayangkara itu bahu membahu membantu mengevakuasi warga. Bahkan sampaiembuat sebuah rakit.

BACA :  Ditangkap, Pengedar di Pandeglang Akui Dapat Sabu dari Bandar di Rutan Serang

“Ratusan personil kepolisian diturunkan ke lapangan dan di bantu oleh masyarakat sekitar, mulai membantu warga membersihkan lumpur serta sampah terdapat di rumah-rumah yang terendam banjir Bandang,”kata Dansat Brimob Polda Banten Kombes Dedi Suryadi kepada awak media, Kamis, 2 Januari 2020.

“Selain itu juga kita bersama-sama membuat rakit guna membantu masyarakat yang menyeberang maupun sebagai sarana pendistribusian logistik, karena jembatan yang menjadi akses penghubung dua desa tersebut masih terputus yang diakibatkan diterjang banjir,”tambah Dedi.

Sementara itu, warga yang rumahnya terendam air, kini mulai membersihkan tempat tinggal mereka dari sisa-sisa lumpur, yang di bantu oleh Personil Sat Brimob Polda Banten, Polres Lebak, dan warga dari mereka juga mencari puing-puing yang merupakan bekas barang perabotannya yang terbawa arus air saat banjir bandang menerjang. 

BACA :  Rombongan The Jakmania Diserang Warga di Depan RS Budi Asih, Satu Luka Bacok

Editor: Fariz Abdullah

Terpopuler