Intensitas Hujan Meningkat, BPBD Pandeglang Tetapkan Siaga Bencana

Date:

PLTB Pandeglang
Kepala BPBD Pandeglang Surya Dermawan. (Dok. BantenHits).

Pandeglang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, menetapkan status siaga bencana. Hal itu karena, intensitas hujan disejumlah wilayah di Pandeglang mulai meningkat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Surya Darmawan menjelaskan, dalam satu pekan ke depan, curah hujan diprediksi akan semakin meningkat. Maka mulai saat ini petugas kebencanaan sudah mulai siaga mengantisipasi datangnya bencana.

“Bupati sudah menerbitkan SK siaga bencana, artinya kita sudah harus siap-siap. Kalau berdasarkan aturan siaga bencana ini 3 bulan. Jika terjadi bencana di tengah-tengah, akan muncul tanggap darurat selama 14 hari,” kata Surya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat, 3 Januari 2020.

Sejalan dengan status siaga bencana itu, BPBD juga sudah meminta sujamlah Kepala Desa yang wilayahnya terpetakan sebagai rawan banjir, untuk selalu bersiaga memantau perkembangan debit air sehingga bisa mengantisipasi jika air sungai sewaktu-waktu meluap.

“Kami juga sudah mengimbau kepada para Kades yang wilayahnya berada di daerah rawan banjir, untuk waspada jika air sungainya meluap. Jadi harus ada yang memantau arus sungai,” terangnya.

Dari catatan BPBD, setidaknya ada delapan kecamatan yang terdata rentan dilanda banjir. Delapan daerah itu meliputi Kecamatan Pagelaran, Patia, Munjul, Cikeusik, Sukaresmi, Panimbang, Angsana, dan Labuan.

Bukan cuma banjir, pemerintah pun mewaspadai datangnya bencana longsor, terutama di wilayah dataran tinggi yang dikelilingi Gunung Karang dan Pulosari. Daerah itu diantaranya Kecamatan Pandeglang, Karangtanjung, Cadasari, Pulosari, dan Mandalwangi.

“Siaga bencana ini mencakup semua potensi bencana, bukan cuma banjir, tetapi juga longsor, tsunami, puting beliung, dan gempa,” jelasnya.

Tingginya potensi bencana itu, kini BPBD mengaku telah mempersiapkan sejumlah peralatan menghadapi bencana seperti rakit, perahu karet, pelampung, alat selam, tenda, beberapa kendaraan pick up, dan dapur umum.

“Kami sekarang sudah mempersiapkan peralatan. Karena terutama dari kami dulu. Kemudian kesiapsiagaan tim juga sudah,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...