Connect with us

METROPOLITAN

Tak Hanya Helikopter, Mobil Offroad IOF Pengda Banten Diterjunkan Salurkan Logistik ke Daerah Terisolir

Published

on

Sejumlah mobil 4×4 atau offroad milik anggota IOF pengda Banten turut dikerahkan untuk mengevakuasi dan mendistribusikan logistik ke korban banjir bandang. (Istimewa).

Lebak- Banjir bandang melanda enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Rabu, 1 Januari 2020. Masing-masing Kecamatan Sajira, Cipanas, Lebakgedong, Curugbitung, Cimarga dan Maja.

Akibatnya, ribuan rumah rusak dan terendam. 28 jembatan baik permanen maupun gantung rusak atau terputus sehingga menyebabkan beberapa desa terisolir dan sulit dilalui oleh kendaraan biasa.

Berbagai upaya dilakukan untuk menyalurkan logistik dan membantu evakuasi warga di daerah terisolir mulai dari penggunaan Helikopter Polisi sampai mobil offroad 4×4.

Bekerjasama dengan IOF Pengda Banten belasan mobil offrroad diterjunkan untuk menyalurkan logistik ke daerah-daerah terisolir seperti di Kecamatan Cimarga dan Sajira.

BACA :  Kendaraan Masih Padati Jalur Menuju Wisata Anyer

Ketua IOF Pengda Banten H. Ato didampingi Jajat Hidayat Bidang SAR dan PB IOF Banten mengatakan untuk Sabtu, 4 Januari 2020 sedikitnya 12 kendaraan offroad disiapkan untuk membantu pendistribusian dan evakuasi.

“Kita dapat arahan untuk membantu mendistribusikan bantuan daerah terisolir di Kecamatan Cimarga dan Sajira yakni Kampung Nganceng, Desa Tambak, Kampung Nunggul, Kampung Belahayang, Kampung Pasir Eurih dan Kampung Somang, Kecamatan Sajira,”kata Jajat kepada BantenHits.com, Sabtu, 4 Januari 2020.

Untuk mempermudah koordinasi, kata Jajat, IOF pengda Banten juga membuka posko di dekat kantor BPBD Kabupaten Lebak.

“Kita berikan bantuan mobilisasi begitupun pendukung lainnya seperti logistik ataupun peralatan lainnya,”ujarnya.

Baca Juga: Helikopter Dikerahkan Angkut Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Lebak

BACA :  Empat Terdakwa Korupsi Tunjangan Daerah Dindik Pandeglang Dituntut Berbeda

Sementara Komandan Tanggap Darurat BPBD Lebak, Budi Santoso membenarkan menggandeng IOF Banten dalam pendistribusian logistik lantaran kondisi medan jalan yang curam sehingga tak bisa dilalui kendaraan biasa.

“Ya kita juga terjunkan mobil 4×4 punya pemerintah daerah. Kalau IoF kita ploting untuk menyebarkan logistik di Cimarga dan Sajira,”ucap dewan penasihat IOF Pengda Banten ini.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler