Dapat Restu dari Kemenhub, PT PCM Mulai Bangun Pelabuhan Warnasari Cilegon

Date:

Jajaran direksi PT PCM Saat memberikan keterangan Pers mengenai pembangunan Pelabuhan Warnasari. (BantenHits.com/Iyus Lesmana).

Cilegon- PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) dalam waktu dekat akan membangun Pelabuhan Warnasari di Kota Cilegon. Menyusul terbitnya surat nomor AL 302/3/5 PHB 2019 yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan.

Dalam surat yang langsung ditandatangani Menteri Budi Karya Sumadi itu PT PCM secara resmi ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan pada Pelabuhan Warnasari.

Direktur Utama PT PCM Arif Rivai Madawi mengaku akan mulai membangun akses jalan terlebih dahulu di tahap awal agar terwujudnya pelabuhan Warnasari.

“Surat ini sifatnya izin prinsip untuk tahapan pertama pembangunan akses jalan. Ini prasayarat unuk investasi di Pelabuhan Warnasari karena ini jadi perhitungan para investor,”kata Arif.

“Secara prinsip ini adalah poin awal yang memang akan mempercepat akselerasi semua perizinan yang memang dokumennya sudah kita siapkan semua,”sambungnya.

Arif mengungkapkan isi surat keputusan yang dikeluarkan Kemenhub RI terdapat beberapa point persyaratan yang harus dilaksanakan oleh PT PCM agar perizin lainnya dapat terselesaikan.

Di Point pertama PT PCM diwajibkan untuk menyerahkan hak pengelolaan atas lahan (HPL) seluas 100.000 m2 yang digunakan sebagai objek konsesi kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten.

Point Kedua, agar mepercepat proses review rencana induk pelabuhan (RIP) sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 110 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Pelabuhan Banten yang saat ini dalam proses finalisasi.

“Ketiga kita punya kewajiban untuk melaksanakan audit bersama BPKP dan konsultan yang ditunjuk,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...