Connect with us

METROPOLITAN

Dua Wilayah Surut, BPBD Pandeglang Siaga di Empat Titik Terdampak Banjir

Published

on

Polda Banten Data Dampak Banjir Awal Tahun di Pandeglang, Lebih 1.014 Rumah Terendam

FOTO Ilustrasi: Petugas gabungan TNI-Polri, Basarnas, BPBD melakukan evakuasi warga korban banjir di dua desa di Kecamatan Labuan. Polda Banten mencatat, banjir awal tahun 2019 di dua desa di Kecamatan Labuan merendam lebih 1.014 rumah. (Istimewa)

Pandeglang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Pandeglang menyiagakan jajarannya di empat titik yang masih terdampak genangan banjir, yakni Kecamatan Sobang, Panimbang, Sukaresmi dan Pagelaran.

Kepala BPBD Pandeglang, Surya Darmawan mengatakan banjir yang menggenang beberapa Kecamatan kemarin sudah mulai surut di beberapa titik. Bahkan, warga yang terdampak enggan dievakuasi.

“Kita kan siaga di empat titik yah. Kami evakuasi warga, mereka enggak mau. Katanya bentar lagi surut, ternyata benar sorenya surut,” katanya, kepada BantenHits.com, Sabtu, 11 Januari 2020.

BACA :  Protes Banten Heritage soal Rencana Kemendikbud Hilangkan Pelajaran Sejarah; Justru Harusnya Jam Sejarah Ditambah!¬†

BACA JUGA: Ini Deretan Pemicu Banjir Bencana di Lebak, Peneliti LIPI Sarankan Warga di Sepanjang Bantaran Sungai Direlokasi

Menurut Surya, air kemungkinan akan kembali naik. Mengingat, berdasarkan BMKG, cuaca ekstrim masih akan terjadi sampai tanggal 12 Januari 2020.

“Namun kami berharap hujan tidak sederas kemarin. Kami juga melihat warga yang sudah cukup berpengalaman menghadapi genangan banjir tidak terlalu khawatir,” ujarnya.

Sebelumnya, banjir yang melanda Kabupaten Pandeglang meluas. Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pandeglang mencatat, hingga Jumat malam, 10 Januari 2020, sudah enam kecamatan terendam.

BACA JUGA: Banjir di Pandeglang Meluas, Sudah Enam Kecamatan Terendam

Padahal, pada Jumat pagi, banjir baru merendam tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sobang, Angsana dan Sukaresmi. Kini, banjir dilaporkan sudah merendam juga Kecamatan Panimbang, Patia, dan Sindangresmi.

BACA :  Khofifah: Eno Anak Solehah, Birrul Walidain

“Ada enam kecamatan yang terendam banjir,” kata Ketua Tagana Kabupaten Pandeglang Ade Mulyana, Jumat malam, 10 Januari 2020.

Selain banjir, lanjut Ade, bencana longsor juga menerjang dua wilayah seperti di Kampung Gunung Cangri, Desa Cijakan, Kecamatan Bojong dan Kampung Cikapas, Desa Sumur Laban, Kecamatan Angsana.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler