Connect with us

METROPOLITAN

Prades Diminta Aktif Bantu Pulihkan Perekonomian Masyarakat Pasca Bencana Banjir dan Longsor

Published

on

Kepala Dinkop Lebak Babay Imroni dalam sebuah acara. (Chanelbanten.com).

Lebak- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak Babay Imroni meminta Kepala Desa (Kades) serta Perangkat Desa (Prades) turut aktif melakukan pemberdayaan masyarakat guna menghidupkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat lumpuh pasca bencana.

“Kami intruksikan kepada para Prades untuk turun langsung ke lapangan membantu warga yang terdampak bencana dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat guna menghidupkan kembali perekonomian masyarakat,”kata Babay kepada awak media, Rabu, 15 Januari 2020.

Menurutnya, bencana banjir bandang dan longsor telah berdampak bagi 36 desa yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak. Bahkan terdapat 3 kantor desa yang mengalami rusak berat akibat bencana tersebut.

BACA :  Bersih-bersih Sampah di Cipeucang, World Cleanup Day Diharap Jadi Momentum Tingkatkan Kesadaran Jaga Lingkungan

“Kami sedang melakukan inventarisir apa saja kerugian yang disebabkan bencana tersebut. Karena kita mendapatkan banyak laporan kerusakan di Desa yang terdampak bencana tersebut, baik dari sisi infrastruktur, maupun aset serta dokumen arsip dari Desa terdampak tersebut,”tuturnya.

Dalam pemulihan pasca bencana, katanya pihak Desa tidak akan bisa menggunakan Dana Desa (DD) untuk melakukan pemulihan pasca banjir bandang dan tanah longsor hingga masa perubahan perencanaan di bulan Agustus nanti.

“DD tidak bisa digunakan untuk penangangan pasca bencana, karena itu sudah di sahkan. Dan baru bisa digunakan pada masa perubahan di Bulan Agustus nanti,”katanya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler