Connect with us

METROPOLITAN

Waktu Tempuh Kereta Rangkasbitung-Merak Dipercepat Jadi 1 Jam, Makin Enak Kan?

Published

on

Double track Kereta Api Tangerang-Jakarta

Jarak tempuh kereta Rangkasbitung-Merak akan dipercepat jadi 1 jam. FOTO Ilustrasi : Double track Kereta Api Tangerang-Jakarta. (ISTIMEWA)

Serang – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji akan memperbaiki infrastruktur perhubungan di Kota Serang yang dikenal sebagai kota penunjang DKI Jakarta. Kualitas perhubungan di Kota Serang diharapkan bisa setara dengan DKI Jakarta.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi Karya Sumadi kepada awak media saat meninjau Stasiun Serang, Sabtu, 18 Januari 2020.

BACA JUGA: Listrik Padam, Tiga Jadwal Keberangkatan KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Terganggu

Budi memastikan, dalam dua tahun ini akan ada perbaikan rel, dimana perbaikan tersebut untuk menambah kecepatan kereta dari Rangkasbitung ke Merak yang biasanya ditempuh lebih dari 2 jam menjadi 1 jam.

BACA :  Warga Padaricang Minta Izin Eksplorasi Geothermal Tak Diperpanjang

“Agar pembangunan itu selaras dengan Jakarta. Dimana mendatang 5 sampai 10 tahun akan ada double track dan dalam 2 tahun ini akan ada perbaikan dari rel yang ada supaya dari Rangkas sampai Merak itu satu jam,” jelasnya.

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Stasiun Serang, Sabtu, 18 Januari 2020. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Saat ini, lanjut Budi, kereta yang digunakan dari Rangkasbitung ke stasiun Merak masih di bawah 20 perjalanan.

“Tapi lintasanya masih kecepatan maksimal 75 perjam, dalam dua tahun ini sampai Serang dari Serang sampai Merak tahun depan,” paparnya.

Jika perjalanan lebih dari 100 akan ditambah elektrifikasi menjadi dua jalur. Maka dengan hal ini ia meminta kepada PT KAI untuk mempersiapkan stasiun dan tempat parkirnya.

BACA :  Yakin Bukan Pembunuh Eno, Najudin Minta Hakim Bebaskan RAL

“Saya minta wali kota juga, kita punya stasiun rute bis itu ke titik sehingga masyarakat Kota Serang bisa dilakukan pelayanan, di kota modern titik bis itu perjumpaan antara angkutan masal dan angkutan biasa,” tukasnya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memperpanjang rute KRL Commuter Line dari Rangkasbitung hingga Kota Serang.

Rangkasbitung merupakan daerah di Kabupaten Lebak, sedangkan Kota Serang adalah ibu kota Provinsi Banten. Kota ini dikelilingi Kabupaten Serang.

Saat ini KRL Commuter Line baru menjangkau Rangkasbitung. Rutenya Tanah Abang-Rangkasbitung yang mulai beroperasi April 2017.

BACA JUGA: Asik! Mulai April 2020 Rute KRL Commuter Line Sampai Kota Serang

Kepala Dinas Perhubungan(Dishub) Banten Tri Murtopo mengatakan tahun ini akan dibangun jalur ganda KRL Rangkasbitung-Serang.

BACA :  Warga Pandeglang Tak Puas dengan Kinerja DBMSDA, Kadis: Wajar-wajar Saja

Rencananya pembangunan elektrifikasi jalur dari Stasiun Rangkasbitung hingga Kota Serang akan dimulai April mendatang, tapi pihaknya masih menunggu penghitungan appraisal.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler