Gandeng LAZ Harfa, VRI Bangun Jembatan Gantung di Ciladaeun Lebak

Date:

VRI – Laz Harfa saat membangun jembatan gantung di Ciladaeun, Lebakgedong. (Istimewa).

Lebak- Banjir bandang dan longsor yang menerjang Kabupaten Lebak membuat 28 jembatan penyebrangan baik gantung maupun permanen teputus. Seluruhnya tersebar di enam Kecamatan seperti Sajira, Cipanas, Lebakgedong, Cimarga, Curugbitung dan Maja.

Berbagai pihak berbondong-bondong memberikan bantuan dan mencoba memulihkan kondisi ekonomi. Sepertihalnya yang dilakukan Vertical Rescue Indonesia (VRI) dan Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa).

Keduanya berkolaborasi membangun jembatan sebagai akses penghubung masyarakat antar kampung di Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak.

“Karena tidak ada akses lain. Hanya ada jembatan darurat yang dibuat masyarakat, tetapi hanya bisa dilalui pejalan kaki, dan itu pun kondisinya tidak layak ya, mengkhawatirkan,” kata VRI Korwil Banten, Lukman Nulhakim, Rabu, 22 Januari 2020.

Menurut Lukman jembatan yang dibuat jaraknya tidak jauh dari lokasi jembatan gantung sebelumnya yang tergerus banjir. Pengerjaannya saat ini memasuki pemasangan seling dan alas.

“Kurang lebih panjangnya 100 meter. Alhamdulillah tidak ada kendala berarti, hanya saja intensitas curah hujan saja yang besar. Kalau kondisi medan, kami memang terbiasa di tebing ketinggian,” jelas Lukman.

Irfan dari LAZ Harfa berharap, jembatan yang dibangun dapat bermanfaat sebagai sarana penyeberangan warga sehingga aktivitas kembali normal.

“Terutama anak-anak sekolah yang setiap hari melewati. Dan insya Allah ada beberapa jembatan gantung lagi yang akan kami bangun,” katanya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...