Connect with us

LENSA KITA

Potret Tragis Mamalia di Laut Banten

Published

on

1. Terdampar hingga Mati

Kasus penemuan mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus di Laut Banten, terutama di wilayah Lebak dan Pandeglang, sudah beberapa kali terjadi. BantenHits.com mencatat, sejak Agustus 2018 hingga Januari 2020, terdapat empat kasus, dua di antaranya tewas.

Kasus mamalia laut tewas yakni, hiu bintang atau hiu paus (Rhincodon Typus) ditemukan terdampar di pesisir Pantai Wanasalam, Kampung Kertamulya, Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Senin, 7 Oktober 2019.

Kasus kekinian, paus jenis sperma kerdil atau dwarf sperm whale (kogia sima) dilaporkan mati setelah terdampar di pesisir pantai di Kecamatan Panimbang, Jumat, 17 Januari 2020.

2. Luka Gores

BACA :  FOTO: "Dalam Rangka Mendukung Program WH"

Dua kasus penemuan lumba-lumba dan Paus di pesisir Kabupaten Pandeglang selama kurun 11 hari sepanjang Januari 2020, mengungkap fakta, dua mamalia itu menderita luka gores di tubuhnya.

3. Penyebab Kematian Misterius

Tim Respons Cepat Penanganan Mamalia Laut Terdampar LPSPL Serang, yang dipimpin Dani Dasa Permana mendapati fakta, saat dijumpai, paus dalam keadaan hidup namun dalam kondisi sangat kritis, ditandai dengan ketidakmampuan paus mengapung di air dan hampir tidak ada pergerakan.

Dani mengungkapkan, terdapat luka robek di bagian tubuh dekat ekor paus yang tengah hamil ini sekitar 40 centimeter. Dani juga belum dapat menyimpulkan kematian paus tersebut.

Namun, dari hasil pengamatan pada organ hati terjadi pembengkakan yang tidak wajar dan isi lambung yang dipenuhi oleh parasit cacing.

BACA :  FOTO: Konvoi 50 Tahun Vespa Primavera di Serang

Tim Liputan BantenHits.com



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler