Connect with us

METROPOLITAN

Dinkes Pandeglang Deteksi Dini Sebaran Virus Corona

Published

on

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Setiani. (Dok. BantenHits).

Pandeglang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang meminta jajaran Puskesmas di Kabupaten Pandeglang, dapat menditeksi dini penyebaran wabah Pneumonia, penyakit yang disebabkan virus Korona.

Hal itu untuk menindaklanjuti surat edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, nomor 443/0373/Kes-P2P/2020.

Kepala Dinkes Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengatakan Puskesmas harus melakukan pemantauan dalam masa inkubasi pada orang yang datang dari negara terjangkit virus korona, berdasarkan Health Alert Card (HAC) yang diberikan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Kami sudah meminta Puskesmas melakukan pengamatan terhadap peningkatan kasus Influenza Like Ilnes (ILI) dan Pneumonia yang terjadi di wilayah kerja melalui sistem kewaspadaan dini dan respon (SKDR),” kata Dewi melalui keterangan tertulis yang diterima Bantenhits, Selasa, 28 Januari 2020.

BACA :  Konferkab PWI Kab. Pandeglang Digelar Besok

Selain itu, Dewi juga meminta agar Puskesmas dapat melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat tentang virus korona, dan pencegahan penularan dengan cara mencuci tangan dengan sabun setelah melalukan aktivitas.

“Masyarakat harus segera memeriksa diri apabila mengalami keluhan demam, batuk, sesak dan gangguan pernapasan, serta mengalami riwayat perjalanan ke negara terjangkit dalam 14 hari sebelum munculnya gejala,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler