12 Kecamatan di Lebak Masuk Wilayah Geopark Dome

Date:

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat memberikan keterangan pers mengenai harga gas elpiji di lokasi banjir bandang. (Dok.BantenHits).

Lebak- Pemkab Lebak menetapkan sebanyak 12 dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak masuk dalam wilayah geo heritage Geopark Bayah Dome. Masing- masing Kecamatan Malingping, Cihara, Panggarangan, Leuwidamar, Bayah, Cilograng, Cibeber, Sobang, Lebak Gedong, Cipanas, Sajira, dan Kecamatan Muncang.

“Arah baru kebijakan daerah sekarang visinya pariwisata. Salah satunya yaitu menjadi satu keharuskan mewujudkan Geopark dengan ekowisata di 12 kecamatan,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Ia menjelaskan, bahwasannya dalam pengembangan wilayah geopark, nantinya di situ ada pemberdayaan kepada masyarakatnya. Salah satunya melalui penanaman holtikultura.

“Kemarin kita sudah bicara dengan Sido Muncul difasilitasi oleh BNPB, bagaimana nanti diarea tegakan tinggi tapi masyarakat bisa mendapatkan penghasilan sehari-hari dengan menanam Kapulaga yang kapulaganya langsung diserap oleh Sido Muncul dan sebagainya. Nah inilah upaya-upaya kita memulihkan lahan dan juga ekonomi masyarakat ke- depan salah satunya dengan tadi itu,”katanya.

Selain menanam kapulaga, tambah Iti bisa juga nanti melaksanakan penanaman pohon rambutan, durian.

“Pohonnya tidak ditebang tetapi buahnya bisa menghasilkan uang,”tambahnya.

Menurutnya, potensi alam serta geopark di Kabupaten Lebak tidak kalah menariknya dengan geopark yang ada di dunia.

Melalui program yang digulirkan pemerintah pusat, Iti mengaku sedang berupaya agar Kabupaten Lebak menjadi salah satu dari 40 geoheritage yang terdapat Indonesia Enam diantaranya sudah diakui UNESCO sebagai Geopark dunia.

“Untuk mewujudkan Geopark Bayah dome masih banyak tahapannya dan sudah dimasukkan ke dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah lima tahun kedepan. Adanya geopark ini bisa memberdayakan masyarakatnya, menciptakan lapangan pekerjaan, kemudian berdampak pada kesejahteraan masyarakat,”ucapnya.

Geopark Bayah Dome ini menjadi salah satu perwujudan visi menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

“Optimis itu perlu, kami optimis menjadikan Lebak sebagai daerah tujuan wisata nasional tanpa merusak lingkungan,”jelasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Virgojanti mengatakan, dari 28 kecamatan, sebanyak 12 kecamatan telah ditetapkan masuk wilayah Geo Heritage Geopark Bayah Dome,”ke-12 kecamatan itu terdiri dari Kecamatan Malingping, Cihara, Panggarangan,Bayah, Cilograng, Cibeber, Sobang, Lebak Gedong, Cipanas, Sajira, Muncang dan Kecamatan Leuwidamar,”katanya

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...