Diserang Lawan Politik saat Diskusi di DPD Gerindra, Pengamat Kompak Bela Ratu Tatu

Date:

Calon bupati Serang petahana Ratu Tatu Chasanah (kanan) saat diskusi di DPD Gerindra Banten, Minggu, 9 Februari 2020.(BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Bakal calon bupati Serang petahana Ratu Tatu Chasanah mendapatkan pujian sekaligus dibela para pengamat saat diskusi yang digelar DPD Partai Gerindra Provinsi Banten, Minggu, 9 Februari 2020.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang saat ini dinilai telah menunjukkan program yang baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Salah satu yang mendapat pujian adalah program perbaikan infrastruktur jalan dengan betonisasi.

“Saya lihat jalan-jalan di Kabupaten Serang sudah bagus. Jadi program perbaikan jalan yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Serang ini sudah terlihat,” kata Direktur Eksekutif Aliansi Independen Peduli Publik (ALIPP) Uday Suhada saat didaulat menjadi pembicara diskusi.

Uday mengaku sebagai warga Kabupaten Pandeglang, tetapi seringkali berkunjung ke Kabupaten Serang, terutama ke Kecamatan Bojonegara. Ia pun merasakan langsung jalan yang sudah dilakukan betonisasi oleh Pemkab Serang.

“Saya harus sampaikan (hasil pembangunan Pemkab Serang) dengan objektif. Namun persoalan pengangguran masih menjadi catatan Pemkab Serang,” ujarnya. 

Sekadar diketahui, Pemkab Serang bersama DPRD Kabupaten Serang telah membuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jalan Kabupaten Serang. Melalui perda tersebut, diamanatkan perbaikan 100 kilometer jalan kewenangan kabupaten per tahun dengan betonisasi. 

Hingga 2019, jalan yang telah selesai diperbaiki dengan betonisasi sepanjang 483,45 Km. Kemudian Tahun 2020 akan dibangun 101,68 Km, sehingga jalan beton tahun ini akan selesai sepanjang 585,13 Km atau 97,33 persen. Sisa sepanjang 16 Km akan dibangun 2021. 

Saat sesi tanya jawab diskusi, bakal calon bupati Serang Tb Masduki menuding Ratu Tatu telah gagal memimpin Kabupaten Serang. Namun tudingan tersebut dikandaskan akademisi Untirta Gandung Ismanto.

“Pak Masduki ini bilang gagal karena menjadi bakal calon bupati, jadi tidak objektif. Menurut saya, tidak gagal karena sudah banyak yang yang dilakukan Ibu Tatu,” ujar Gandung. 

Sementara itu, Ratu Tatu mengatakan, fokus pembangunan Kabupaten Serang menitikberatkan pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Semua hasil pembangunan harus terukur, melalui data Badan Pusat Statitistik atau BPS. Maka kami mengukur melalui IPM,” ujarnya Tatu. 

Sejumlah program dilakukan untuk meningkatkan IPM, antara lain beasiswa SD hingga perguruan tiinggi. Kemudian paling masif adalah perbaikan infrastruktur jalan melalui betonisasi.

“Angka pengangguran memang tertinggi di Banten, tetapi kurun tahun 2018 hingga 2019, penurunan angka pengangguran Kabupaten Serang terbesar di Banten, sebesar 2,12 persen,” ujar Tatu.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...