Connect with us

METROPOLITAN

SAKIP Ibu Kota Banten Terendah Versi Kemenpan RB, Syafrudin ‘Sidak’ Inspektorat Serang

Published

on

Wali Kota Serang Syafrudin (kanan) dan Inspektur Inspektorat Kota Serang (kiri) saat memberikan keterangan pers. (BantenHits.com/Mahyadi).

Serang- Wali Kota Serang Syafrudin mengunjuntu kantor Inspektorat, Selasa, 11 Februari 2020. Tujuannya untuk mempertanyakan perolehan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang mendapatkan predikat CC dari Kemenpan RB.

“Kunjungan ini karena Kota Serang mendapat nilai CC. Dengan mendapat nilai CC juga saya juga mempertanyakan kepada inspektorat kenapa kita ini dibawah kabupaten/kota yang ada di Banten. Karena ini juga merupakan tugas dan fungsi inpektorat harus menjelaskan kenapa nilainnya CC,” kata Wali Kota Serang Syafrudin seusai melakukan kunjungan kepada awak media.

Orang nomor 1 di ibu kota Banten ini meminta Inspektorat Kota Serang untuk terus mengoptimalkan apa yang menjadi kekurangan akuntabilitas kinerja. Sehingga Pemkot Serang seimbang dengan kabupaten/kota lainnya.

BACA :  Zaki Ingin Wilayahnya Hanya Dalam Satu Polda

“Meski nilainya ada peningkatan dari 52,31 menjadi 54,96. Tapi nilai itu bukan mendongkrak nilai ke B tapi masih CC,”katanya.

Menanggapi hal itu, Inspektur Inspektorat Kota Serang Yudi Suryadi menjelaskan nilai CC yang didapat Pemkot Serang pada penilaian SAKIP itu menjadi evaluasi bagi pemerintah kota termasuk seluruh OPD, karena hal ini mencakup tugas bersama, bukan hanya salah satu OPD saja. 

“Tugas semua OPD yang berkaitan bagaimana kinerja OPD Kota Serang. Yang pertama kami akan lakukan adalah koordinasi dengan Kemenpan RB apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan menjadi perbaikan ditahun berikutnya,”kata Yudi.

Sedangkan untuk secara teknis, Ia mengaku akan melakukan komunikasi dengan Asda I selaku liding sektor bagian organisasi apa yang menjadi kekurangan kinerja Kota Serang.

BACA :  Rumah Warga dan Bangunan SD Negeri Babakan Turi Cilegon Rusak Disapu Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dengan mendapatkannya nilai CC juga, lanjut dia, sebetulnya banyak hal yang menjadi faktor. Tidak hanya Kota Serang baru berdiri yang jelas dari mulai sisi perencanaan, sisi pelaksanaan, SDM, anggaran dan pengawasan ada kriteria penilaian. 

“Ini jadi satu kesatuan indikator pengungkit dan ada indikator lainnya. Apa yang menjadi sisi lemah kita akan tingkatkan,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler