Connect with us

METROPOLITAN

BNPB Ingin Huntara Untuk Penyintas Tsunami Selat Sunda Dibangun Sebelum Ramadhan

Published

on

Deputi Rekonstruksi dan Rehabilitasi pada BNPB, Rifai saat memberikan keterangan pers. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan anggaran sebesar Rp69 Miliar untuk pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban tsunami selat sunda di Kabupaten Pandeglang.

Selain itu, BNPB juga menyiapkan Rp6 miliar untuk membangun fasilitas pendukung seperti jalan dan jembatan.

Oleh karena itu, BNPB meminta Pemerintah Kabupaten Pandeglang, untuk memulai pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi penyintas tsunami dilakukan sebelum bulan puasa.

“Tahun 2019 Pemerintah pusat memberi bnatuan sebesar Rp75 miliar untuk membangun 706 unit rumah yang terdampak bencana, 1 unit jembatan, dan 1 ruas jalan. Kami memohon dukungan agar percepatan pembangunna rumah ini bisa dikerjakan dengan segera,” kata Deputi Rekonstruksi dan Rehabilitasi pada BNPB, Rifai, Kamis, 13 Februari 2020.

BACA :  Pekerja di Serang Tewas Jatuh dari Tangki PT Conch Cement Indonesia

Rifai juga menyarankan Pemkab Pandeglang untuk berkoordinasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Koordinasi itu dilakukan untuk meminta kejelasan mengenai teknis pembangunan agar bisa dilakukan dengan mekanisme lain di luar lelang. Dengan begitu proses pembangunan bisa lebih cepat direalisasikan.

“Untuk teknisnya tetap lelang, tapi saya minta ada dispensasi. Jadi saya sarankan bupati bersama jajaran ke LKPP untuk berdiskusi supaya ada solusi. Karena ini kan untuk pemukiman pasca bencana,” ujarnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku sedang mengupayakan pembangunan Huntap dalam waktu dekat. Dia menerangkan Pemkab akan segera berkoordinasi dengan LKPP mengenai teknis pengadaan.

“Kalau melewati proses lelang seperti biasa akan memakan waktu. Membuat DED saja butuh 2 bulan sehingga kemungkinan baru bisa lelang bulan Mei. Kan kelamaan,” katanya.

BACA :  Tenaga Ahli Gubernur Bantah Tudingan Ketua Komisi V soal Pergub Pendidikan Gratis

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler