Connect with us

METROPOLITAN

Waduk Karian Diproyeksikan Suplai Bahan Baku Air untuk Enam Wilayah di Banten dan DKI Jakarta

Published

on

Rencana Waduk Karian. (FOTO: BBWSC3)

Lebak – Waduk Karian di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, diproyeksikan sebagai penyedia bahan baku air rumah tangga, kota dan industri (RKI) untuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon dan Wilayah DKI Jakarta.

Rencananya, volume air yang akan didistribusikan dari Waduk Karian ke kota-kota tersebut mencapai sebesar 9,1 m3/detik. Khusus untuk Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, kebutuhan air KRI sebesar 5,5 m3/detik.

Demikian disampaikan Kepala Balai Bendungan dari Kementerian PUPR Ditjen SDA BBWS C3, Tris Raditian saat memberikan pemaparan di sela kunjungan kerja Kapolda Banten Irjen Pol. Agung Sabar Santoso bersama PJU Polda Banten ke Waduk Karian di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Selasa, 11 Februari 2020.

BACA :  Ditembak, Yudis Remaja di Pandeglang Bukan Buronan Polisi

“Selanjutnya manfaat yang kedua, sebagai irigasi, yaitu penyedia kebutuhan suplesi ke daerah irigasi Ciujung dengan luas eksisting 22.000 ha,” ungkap Tris dalam keterangan tertulis.

Manfaat ketiga, lanjutnya, Waduk Karian juga sebagai pengendalian banjir. Artinya, pengendalian banjir daerah hilir yang merupakan kawasan strategis dengan infrastruktur penting seperti jalan tol Jakarta-Merak, kawasan industri terpadu, dengan kapasitas tampungan banjir sebesar 60,8 juta m3.

“Manfaat keempat, sebagai wisata air. Artinya waduk ini juga bjsa digunakan untuk pengembangan sarana rekreasi dan tujuan wisata air,” terangnya.

“Serta Manfaat yang kelima sebagai potensi pembangkit energi listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) sebesar 1,8 MW,” sambungnya.

Kunjungan yang dilakukan Kapolda Banten dan jajaran ini, untuk melihat perkembangan pembangunan Waduk Karian sekaligus silaturahmi Kapolda Banten bersama stakeholders terkait.

BACA :  Pesan Presiden Jokowi kepada Penerima Sertifikat Tanah Gratis di Tangerang

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Dansat Brimobda Banten, Dir Krimsus, Dir Samapta, Kabid Humas, Kabid Propam, Kapolres Lebak, Wakapolres Lebak, Dandim 0603 Lebak, Wakil Bupati Lebak, Kepala Balai Bendungan Kementrian PUPR Direktorat Sumber Daya Air dan jajaran.

Menurut Agung, Waduk Karian menjadi perhatian bagi pihak Kepolisian. Pasalnya, selain program Presiden RI, Waduk Karian juga termasuk sebagai salah satu Objek Vital Nasional yang ada di wilayah hukum Polda Banten.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler