Connect with us

Berita Utama

Tiba-tiba Turunkan Penumpang, Pesawat Lion Air Rute Kualanamu-Soekarno Hatta Gagal Terbang Gara-gara Ini

Published

on

Pesawat Lion Air

Pesawat Lion Air. (Dok. Banten Hits)

Tangerang – Pesawat Lion Air JT-385 yang sudah siap take off dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, mendadak berputar menurunkan penumpang, Jumat malam, 14 Februari 2020.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebut, Lion Air gagal terbang ketika pesawat sudah bergerak menuju landas pacu (runway), ada indikator pada pintu belakang bagian kiri yang harus dilakukan pengecekan.

“Untuk itu, dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pesawat kembali ke landas parkir (return to apron/RTA),” ungkap Danang dalam keterangan tertulis kepada BantenHits.com, Sabtu, 15 Februari 2020.

BACA :  Pelajar SMP Tewas saat Tawuran Antarpemuda di Kota Tangerang

“Lion Air sudah menginformasikan kepada seluruh tamu dan mengarahkan untuk kembali ke ruang tunggu keberangkatan,” sambungnya.

Menurut Danang, penerbangan domestik bernomor JT-385 tersebut telah dioperasikan sesuai standar prosedur. Penerbangan akan membawa tujuh kru dan 162 tamu atau penumpang

“Lion Air mengoperasikan pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LOV, sebelum keberangkatan sudah menjalani pemeriksaan awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight),” jelasnya.

 Pesawat dijadwalkan berangkat pada 19.55 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat/ WIB, GMT+ 07) dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 20.55 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat/ WIB, GMT+ 07).

“Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena penerbangan JT-385 mengalami penundaan keberangkatan. Lion Air memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) sesuai aturan yang berlaku,” ucapnya.

BACA :  Polres Serang Kota Ringkus Pelaku Penipuan Jual Beli Ribuan Kilogram Kacang

Danang menambahkan, saat ini pesawat menjalani pemeriksaan (grounded) dan proses investigasi mengenai hal tersebut.

“Lion Air telah menerbangkan kembali JT-385 dengan menggunakan pesawat yang lain, yakni Boeing 737-900ER registrasi PK-LPW. Pesawat lepas landas pukul 22.20 WIB dan mendarat di Soekarno-Hatta pada 00.20 WIB,” terangnya.

“Lion Air patuh dan menjalankan segala ketentuan operasional dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” tukasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler