Connect with us

METROPOLITAN

Pendekatan TI Buat Indeks SPBE Lebak Duduki Peringkat Pertama di Banten

Published

on

Dodi Irawan Kepala Dinas Komunikasi dan Informati Kabupaten Lebak

FOTO ILUSTRASI. Doddy Irawan Kepala Dinas Komunikasi dan Informati Kabupaten Lebak. Diskominfo Lebak berhasil menjadikan Kabupaten Lebak sebagai daerah paling Informatif di Banten.(Istimewa)

Lebak- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lebak mengklaim Indeks Sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak tahun 2019 menduduki peringkat pertama di-Provinsi Banten.

Pendekatan teknologi informasi (TI) yang dapat dipergunakan membuat Pemkab Lebak berhasil mengalahkan indeks SPBE Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

“Ini tantangan buat kami menjaga ini dan meningkatkan lebih baik lagi,”kata Kepala Diskominfo Lebak, Doddy Irawan kepada awak media, Selasa, 25 Februari 2020.

Ia mengungkapkan Indeks SPBE Kabupaten Lebak yakni 3,52 sedangkan Kota Tangerang 3,44 dan Tangsel 3,21. Namun hal itu, kata Doddy tak membuat pemerintah daerah berpuas diri.

BACA :  Protes Jalan Rusak, Mahasiswa dan Warga Tanam Pohon di Jalan Rangkasbitung-Cikande

Mantan Sekretaris Bappeda Kabupaten Lebak ini tak menampik meski indeks SPBE terbaik, akan tetapi, masih terdapat kelemahan dalam berbagai aspek yakni kebijakan tata kelola, kebijakan layanan, layanan publik, kelembagaan, layanan administrasi pembangunan, TIK dan strategi dan perencanaan.

“Ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik, kalau dulu itu e-Goverment. Itu diukur indeks di masing-masing daerah,” katanya.

“Ada juga beberapa yang nilainya masih kecil yang perlu ditingkatkan seperti kebijakan layanan SPBE, kebijakan tata kelola SPBE dan kelembagaan,”sambungnya.

Jika dulu hanya berbicara pada tatanan aplikasi dapat membantu, tetapi tidak pernah aplikasi sejalan dengan kebijakan dan regulasi.

“Artinya ketika aplikasi ada, ada tool yang mendukung, kadang kita lupa soal itu dan itu yang kita perbaiki. Kemudian yang menjadi tantangan terberatnya lagi adalah infrastruktur,” katanya.

BACA :  Terminal Kalijaga Akan Direvitalisasi, Dishub Lebak Berharap Terpadu dengan Stasiun Rangkasbitung

Editor: Fariz Abdullah




Photos

  • Videos


  • Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    1 of 3
    Video Redaksi
    2 of 3
    Video Redaksi
    3 of 3
  • Terpopuler