Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Lebak Siapkan Rp3 Miliar Perbaiki 11 Saluran Irigasi

Published

on

Anggota DPRD Lebak Tinjau Irigasi

FOTO ILUSTRASI. Dian Wahyudi saat meninjau kondisi kerusakan Irigasi Pangrakan. Dian meminta Pemkab Lebak tak diam terkait rusaknya irigasi milik Pemprov Banten tersebut. (Istimewa)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak akan memperbaiki 11 titik saluran irigasi yang tersebar di beberapa kecamatan. Tak tanggung-tanggung perbaikan akan menelan anggaran Rp3 Miliar.

Beberapa irigasi yang akan diperbaiki yakni terletak di Kecamatan Warunggunung, Leuwidamar, Lebakgedong, Cirinten, Cileles, Cilograng,  Panggarangan, Cilograng.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak Dade Yan Apriandi mengatakan, 11 titik saluran irigasi di sejumlah kecamatan terssebut kondisinya memang sangat memprihatinkan yang telah didata dan diusulkan pada 2019.

BACA :  Banjir dan Longsor Mengintai Banten, Ini Peta Kerawanan setiap Wilayah

“Perbaikan 11 titik saluran irigasi tersebut dilaksanakan sekitar Mei tahun ini setelah proses lelang,” ujar Dade, Kamis, 27 Februari 2020.

Meski demikian, Dade tak menampik masih terdapat saluran irigasi yang dalam keadaan rusak namun belum tertangani lantaran keterbatasan anggaran.

“Meski tidak direhab tahun ini, maka tahun depan bagi irigasi yang belum tertangani akan ditangani,” terangnya.

Terpisah, Kepala DPUPR Lebak Maman SP mengatakan, proses lelang penanganan perbaikan 11 saluran irigasi segera dilaksanakan. Oleh karena itu pihaknya berharap, setelah proses lelang selesai dilakukan, maka perusahaan pemenang lelang diminta langsung untuk bekerja untuk menangani 11 saluran irigasi di beberapa kecamatan tersebut.

“Mudah-mudahan setelah diperbaiki, para petani sudah bisa menikmati normalisasi 11 saluran irigasi tersebut,” harap Maman.

BACA :  Ekstasi 5 M dalam Kotak Susu

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler