Connect with us

Berita Terbaru

APBD Kecil Jadi Alasan Pemkab Pandeglang Tak Bisa Selesaikan Jalan Rusak di Kota Badak

Published

on

Kondisi salah satu ruas jalan di Pandeglang yang rusak. (Dok. BantenHits).

Pandeglang – Tepat tanggal 1 April, usia Kabupaten Pandeglang menginjak usia ke-146 Tahun. Namun, di usianya yang tidak lagi muda, masih banyak infrastruktur jalan yang perlu perhatian dari Pemerintah Daerah.

Pasalnya, di Kabupaten yang katanya kaya akan potensi sumber daya alam, masih terlihat banyak jalan rusak di beberapa Kecamatan, APBD Pandeglang sebesar Rp1,6 Triliun tidak cukup untuk membangun jalan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang, Utuy Setiadi mengakui, masih ada beberapa ruas jalan yang belum diperbaiki. Hal tersebut lantaran APBD Pandeglang tidak sebanding dengan kebutuhan yang ada.

BACA :  Kecamatan Rawan Bencana di Kab. Tangerang

“Memang kami masih memiliki beberapa sektor yang masih belum bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat. Salah satunya misalnya infrastruktur jalan, saya rasa APBD kabupaten Pandeglang kecil sekali. Untuk bisa menuntaskan kondisi ini dalam waktu satu kali masa jabatan,” kata Utuy, Senin, 9 Maret 2020.

Meski demikian, Utuy mengaku Pemkab Pandeglang sudah berupaya untuk mencari celah sumber pendanaan agar bisa menutup kebutuhan dasar masyarakat itu.

Disamping itu, Pemerintah juga akan lebih serius dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya, dengan meningkatnya PAD bisa lebih memberikan kontribusi terhadap kebutuhan keuangan daerah.

“Pemerintah serius sekali dalam upaya meningkatkan PAD, karena PAD itu salah satunya untuk menutupi kekurangan biaya dari pelaksanaan pembangunan yang di butuhkan,” tandasnya.

BACA :  Gelar Musda Tandingan, Gema MA Pertanyakan Kepengurusan KNPI Pandeglang

Sementara itu, berdasarkan data hasil pembangunan DPUPR Pandeglang merinci, sektor pembangunan jalan, yang kini sudah terbangun lebih dari 230 kilometer. Padahal target yang ditetapkan sejak tahun 2016-2019, hanya sepanjang 150 kilometer. 

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh