Connect with us

Berita Utama

Data Corona di Laman Info Corona Pemprov Banten Kacau, Kesalahan Diduga Terjadi karena Server Down

Published

on

Data Corona pada laman Info Corona Pemprov Banten terlihat berubah-ubah. Laman sebelumnya menampilkan Kabupaten Pandeglang disebutkan memiliki lima pasien Corona. Tapi kemudian informasi tersebut berubah. Data lima pasien positif Corona menjadi berasal dari Kabupaten Tangerang. (Tangkap Layar Info Corona Pemprov Banten/ BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Provinsi Banten memperbarui data kasus Virus Corona di Tanah Jawara. Dari data yang tertera di situs resmi wabah corona Milik Pemrov Banten, https://infocorona.bantenprov.go.id/, terdapat 8 orang positif Corona.

Data tersebut sempat membuat bingung masyarakat. Pasalnya, dari data yang dilihat BantenHits.com sekitar pukul 20.17 WIB, ada 5 orang warga di Kabupaten Pandeglang positif Corona.

Namun sekitar pukul 21.08 WIB, data tersebut mengalami perubahan, 5 orang yang positif Corona tersebut berada di Kabupaten Tangerang. Sementara Kota Tangerang 1 dan Kota Tangerang Selatan 2 orang.

BACA :  Kejari Geledah Pemkot Cilegon terkait Ruislagh PT Sidomulya Selaras

Data 5 orang positif Corona langsung dibantah oleh Juru Bicara Gugus Terpadu Covid-19 Kabupaten Pandeglang, dr Ahmad Sulaeman, dia menyebut, belum ada warga Pandeglang yang dinyatakan postitif corona.

“Catatan kami baru ada dua (Pasien Dalam Pengawasan). Itu belum terkonfirmasi positif. Masih menunggu hasil laboratorium,” katanya.

Sulaeman menuturkan, pihaknya masih menunggu hasil konfirmasi dari Provinsi Banten. Pasalnya, Pemrov Banten pun merujuk pasien ke Jakarta.

“Dari provinsi kan dirujuk ke Jakarta. Jadi kami masih menunggu,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Admin Call Center Info Corona Banten, Mahfud nampaknya belum mengetahui jika ada kekeliruan dalam infut data kasus corona. Dia mempertegas bahwa data tersebut berasal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten.

BACA :  Kala Dosen-dosen Akutansi Unpam 'Turun Gunung' Sebarkan Ilmu Gratisan ke Warga Bojongsari

“Itu data hasil koordinasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Semua data itu hasil laporan yang kami terima,” ujarnya.

Dari informasi yang diperoleh BantenHits.com, laman Informasi Corona Pemrov Banten itu sempat mengalami down. Sehingga kemungkinan besar, kesalahan data itu diduga akibat server down.

Data antar-Dinkes Tak Sinkron? 

Data pasien positif Corona di Kabupaten Tangerang yang dipublikasikan Pemprov Banten juga tak sesuai dengan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Tangerang Hendra saat dikonfirmasi BantenHits.com terkait jumlah pasien positif mengatakan, pihaknya mendapatkan penjelasan resmi baru dua orang yang positif Corona di Kabupaten Tangerang.

Penjelasan resmi dua orang positif Corona di Kabupaten Tangerang itu telah dilengkapi hasil laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI. Sementara dua lainnya baru pemberitahuan lisan dari Pemprov Banten.

BACA :  Kampanye Lawan Corona, Batik Air Tak Hanya Bagi-bagi Masker dan Hand Sanitizer Tapi Ubah Pola Antrean

“Yang ada data pasti dua (dilengkapi hasil laboratorium). Yang dua (pasien) lagi (pemberitahuannya) lisan dari provinsi,” kita Hendra, Rabu, 18 Maret 2020.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler