Connect with us

Berita Terbaru

Pengamat Sebut Dampak Corona Buat Ekonomi di Banten Tergerus 1 Persen

Published

on

GRAFIK PERTUMBUHAN INVESTASI DI KOTA TANGERANG

FOTO ILUSTRASI. Grafik pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang. (ISTIMEWA)

Pandeglang – Semenjak Virus Corona atau Covid-19 merambah ke wiilayah Banten. Pemprov Banten menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona, dan membatasi ruang gerak masyarakat.

Masyarakat diminta untuk mengisolasi diri di dalam rumah agar tidak tertular atau menularkan virus yang berasal dari Wuhan, China itu ke orang lain.

Pemerintah juga meliburkan, sekolah, menutup tempat Pariwisata, dan merumahkan Aparatur Sipil Negara atau ASN, supaya kerja di rumah.

Hal ini, berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten, meski belum terasa begitu signifikan.

Akademisi Statistik Untirta Banten, Boyke Pribadi menyebut, dampak penyebaran Virus Corona menggerus 1 persen dari pertumbuhan ekonomi. Dia juga menduga angka penggangguran akan bertambah, karena banyak pegawai di rumahkan.

BACA :  Tahap Sembilan, 5.092 Meter Lahan untuk Jalur KA Bandara Soekarno-Hatta Dibayar

“Dengan Asumsi optimistik saja, dampak Corona akan menggerus 1 persen dari pertumbuhan ekonomi yang di prediksikan, sehingga patut diduga akan menambah angka pengangguran,” kata Boyke, Jumat, 20 Maret 2020.

Menurut Boyke, penurunan ekonomi akan sangat di rasakan oleh pengusaha Mikro yang di perkirakan dalam satu Minggu ini akan di rasakan, karena banyak anak-anak sekolah libur, sehingga pedagang akan kekurangan pendapatan.

“Kalau Industi kurang begitu merasakan dampaknya, tapi bagi pemili usaha Mikro sangat di rasakan, tetapi hal ini akan menimbulkan efek domino bagi pelaku usaha yang lain,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah




Photos

  • Videos


  • Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    1 of 3
    Video Redaksi
    2 of 3
    Video Redaksi
    3 of 3
  • Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

    Terpopuler