Connect with us

Berita Utama

Tugboat Bamara 8 Pengangkut Batu Bara Hantam Kapal Nelayan di Ujung Kulon, Tiga Orang Terpental Satu Hilang

Published

on

Basarnas Banten saat bersiap melakukan pencarian nelayan yang ditabrak Tugboat Bamara 8 pengangkut batu bara. (BantenHits.com/Engkos Kosasih) 

Pandeglang – Tugboat (TB) pengangkut batu bara bernama Bamara 8 menabrak kapal nelayan KM Ju’uh yang sedang berlabuh jangkar di perairan Karang Ranjang, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang.

Pwristiwa nahas itu terjadi pada Kamis, 19 Maret 2020 sekitar pukul 21.15 WIB. Namun, laporan peristiwa itu baru diterima Basarnas Banten pada Sabtu pagi, 21 Maret 2020 sekitar pukul 04.45 WIB.

“TB. Bamara 8 dari Jambi menuju ke Pelabuhan Ratu dengan muatan batu bara, menabrak perahu nelayan KM. Ju’uh yang sedang labuh jangkar di perairan,” kata Kepala Basarnas Banten, Muhammad Zaenal Arifin, saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu, 21 Maret 2020..

BACA :  Polisi Juga Gerebek Pabrik Miras Oplosan di Pondok Aren dan Cipondoh

Saat peristiwa terjadi, KM Ju’uh ditumpangi tiga nelayan warga Binuangeun, Kabupaten Lebak yang sedang mencari ikan, yakni Hada (40), Samsudin (35) dan Ngali (40).

Ketiganya terpental ke laut. Beruntung, anak buah kapal TN Bamara berhasil menyelamatkan Hada. Sementara Samsudin, berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke pulau. Satu nelayan lainnya, Ngali sampai Sabtu siang belum ditemukan.

“Saat kejadian crew kapal nelayan sedang tertidur di atas perahu. Ngali, ABK perahu diduga tenggelam dan masih dalam pencarian. Perahu hancur dan tenggelam,” jelasnya.

Saat ini tim Basarnas Banten dan Ditpolairud Polda Banten, masih melakukan pencarian menggunakan perahu karet dengan dibantu oleh masyarakat. Sementara untuk Tb Bamara 8, sudah tidak ada di lokasi.

BACA :  Rapid Test Massal di Lebak Selatan Deteksi Tiga Warga Reaktif Covid

“Kami masih melakukan pencarian, saat ini cuaca buruk terjadi. Untuk Tb Bamara sudah berangkat ke Pelabuhan Ratu, kami tidak tau Tb Bamara tanggungjawab atau enggak, karena kami fokus pencarian, kalau ranah sana ditangani oleh polisi,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler