Rp5 Miliar Bantuan Keuangan Provinsi Banten Difokuskan Tangani Covid-19 di Lebak

Date:

Kepala BPKAD Kabupaten Lebak, Budi Santoso saat memberikan keterangan pers dalam suatu acara. (Net)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak menyiapkan anggaran Rp5 miliar untuk penanganan Covid-19. Rencananya anggaran bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Banten.

“Bantuan keuangan provinsi bisa direfocusing peralihan kegiatan dalam rangka dukungan untuk penanganan Covid-19,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lebak, Budi Santoso kepada awak media, Selasa, 24 Maret 2020.

Tak hanya dari Bankeu Provinsi, Budi menegaskan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan juga akan ditahan sementara untuk disiapkan menangani Covid-19.

“Kami sudah sepakat dengan TAPD bantuan keuangan bidang kesehatan Rp5 Miliar digunakan untuk pencegahan Covid-19, kebutuhan rincinya ada di Dinas Kesehatan,” jelas Budi.

“Sudah oke. Sudah verifikasi via teleconference dengan BPKAD provinsi dengan Bappeda. Pada prinsipnya oke dan akan segera terbit keputusan gubernurnya,”sambungnya.

Lebih jauh Budi menjelaskan anggaran Rp5 Miliar yang disiapkan untuk kebutuhan pencegahan selama 2 bulan. Jika setelah 2 bulan belum bisa mengatasi, maka akan banyak opsi yang bisa dilakukan Pemkab Lebak. Bisa dengan BTT (Biaya tak terduga) atau refocusing DAK.

“Kementerian Keuangan sudah mengeluarkan aturan untuk fleksibilitas pengelolaan anggaran dalam penanganan Corona. Kita enggak perlu khawatir kalau terkait bencana apabila membutuhkan anggaran wajib untuk dipersiapkan dengan berbagai alternatif yang sudah diatur baik dalam Permendagri, Permenkeu dan UU Kebencanaan,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah.

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related