Connect with us

Berita Terbaru

PBH Usul Orang Dalam Pemantauan Covid-19 Dikarantina Terpusat

Published

on

Staf security UPH dilengkapi alat pengukur suhu tubuh untuk mencek setiap mahasiswa dan staf yang melewati atau masuk gedung kampus UPH. (Foto: Dok. UPH)

Pandeglang – Direktur Perkumpulan Bantuan Hukum (PBH) Kabupaten Pandeglang, Ayi Erlangga meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Pandeglang melakukan karantina kesehatan terhadap orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 terpusat di satu titik.

Pasalnya, angka ODP Covid-19 di Kabupaten Pandeglang terus mengalami peningkatan setiap harinya. Dari data website remsi Pemda Pandeglang, Rabu, 25 Februari 2020. terdapat 183 ODP Covid-19, padahal sebelumnya hanya ada 61 ODP.

Sehingga Ayi menilai, Pemda Pandeglang perlu melakukan langkah untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya, menyiapkan tempat karantina kesehatan untuk ODP Covid-19.

BACA :  BMKG Serang: Waspadai Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

“ODP Covid-19 ini sangat luar biasa menimbulkan keresahannya ditengah masyarakat. Kenapa resah? Ya karena masih tersebar di beberapa wilayah dan masyarakat menganggap ODP ini rentan menjadi positif Covid-19,” kata Ayi, Kamis, 26 Maret 2020.

Menurut Ayi, jika pemantauan ODP Covid-19 dilakukan terpusat di satu titik akan memudahkan beban kerja pemerintah dan menghilangkan keresahan ditengah masyarakat.

“Coba bayangkan ketika petugas kesehatan akan melalukan pemeriksaan ke ODP Covid-19, tapi ODP nya enggak ada di rumah? Kemungkinan itu bisa saja terjadi jika tidak terpusat,” jelasnya.

Sementara Juru bicara tim gugus tugas covid-19 Pandeglang, Dr Achmad Sulaeman mengatakan tidak perlu menempatkan ODP Covid-19 secara terpusat di satu titik. Karena menurut Sulaeman, ODP Covid-19 belum terlalu parah.

BACA :  Disdukcapil Tangsel: Pemohon Akta Kematian Melampaui Target

“Ya enggak lah, nanti ODP nya jadi stres, kayak di penjara. Nanti malahan biaya yang lebih berat kesana, terus yang PDP terlupakan. Yang jelas lebih efektif, ODP suruh diam di rumah, menghindari ke ramaian dan atur jarak udah,” katanya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler