Connect with us

Berita Terbaru

DPRD Dukung Akses ke Lebak Ditutup Sementara; Putus Penyebaran Covid-19

Published

on

KRL Rangkasbitung-Tanah Abang mulai beroperasi pada 1 April 2017. (Dok. Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak mengusulkan agar layanan transportasi ke Kabupaten Lebak dihentikan sementara. Tujuannya sebagai salah satu upaya pemutusan penyebaran virus Corona.

Usulan dilayangkan langsung Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Commuter Indonesia (KCI), dan Perum Damri sebagai pihak penyedia jasa layanan transportasi umum kereta dan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Usulan tersebut rupanya mendapat dukungan dari DPRD Kabupaten Lebak. Ketua DPRD Kabupaten Lebak, Dindin Nurohmat mengaku mendukung keputusan yang diambil oleh Pemkab Lebak untuk membatasi mobilitas armada darat tersebut guna memutus rantai penyebaran Virus Covid-19 atau Corona.

BACA :  KPU Kabupaten Tangerang Minta Golkar Perbaiki Berkas Bacaleg

“Pada prinsipnya DPRD akan terus mendukung langkah terbaik dari Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran pandemi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Lebak,” kata Dindin kepada awak media, Minggu, 29 Maret 2020.

Menurutnya, hal tersebut memang perlu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, mengingat secara Geografis, wilayah Kabupaten Lebak berdekatan dengan wilayah Tanggerang Raya, dan Ibukota Jakarta yang menjadi wilayah terdampak virus Corona bahkan masuk dalam zona merah penyebaran virus Covid-19.

Meski demikian, keputusan Pemkab tersebut juga harus dibarengi dengan kebijakan yang menjadi solusi terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh keputusan Lockdown mobilitas transportasi umum tersebut.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati, tinggal setelah kebijakan tersebut direalisasikan maka Pemkab harus duduk bersama dengan DPRD serta pihak-pihak terkait lainnya, bersama-sama memikirkan alternatif solusi lainnya agar masyarakat tetap tenang, aman dan yang terpenting perekoniman berjalan stabil termasuk soal ketersediaan pangan,” pungkasnya.

BACA :  Petani Batu Ceper Tangerang Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebelumnya diberitakan, PT KAI Daop 1 Jakarta membatalkan beberapa perjalanan Kereta Api (KA) lokal Rangkasbitung-Merak. Hal itu diberlakukan lantaran volume pengguna jasa saat ini juga telah mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni sekitar 70 persen.

Pemicunya, tidak lain tidak bukan virus corona yang menjadi Pandemi global. Pembatalan jalan atau berhenti beroperasi akan berlaku pada 1 April – 14 April 2020.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh