Connect with us

Berita Utama

Gubernur Banten Lapor Jokowi Pasca-penerapan PSSB; 40 Persen Warga Kena Dampak Ekonomi, Stok Kebutuhan Pokok di Banten Aman Tiga Bulan

Published

on

Gubernur Banten Wahidin Halim lapor kondisi Banten pasca-penerapan pembatasan sosial skala besar (PSSB) ke Presiden Joko Widodo, salah satunya soal stok kebutuhan pokok aman tiga bulan. (Istimewa)

Serang – Penerapan pembatasan sosial skala besar (PSSB) di Banten disesuaikan dengan kondisi wilayah kabut/kota di Banten. Sejauh ini telah berjalan efektif karena didukung TNI-Polri.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dalam teleconference Rapat Terbatas Antisipasi Mudik yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju, para pejabat setingkat menteri dan Gubernur se- Jawa, Kamis, 2 April 2020.

“Ketaatan warga Banten terhadap imbauan pemerintah berjalan dengan baik,” kata WH saat teleconference seperti disampaikan dalam keterangan tertulis.

BACA :  4 Pengedar Sekaligus Pemakai Sabu di Pandeglang Ditangkap, Satu Diantaranya Residivis

Menurut WH, salah satu kebijakan Presiden RI relatif sudah dirasakan di berbagai daerah, seperti belajar di rumah, bekerja dari rumah (work from home) dan kegiatan lainnya. Termasuk kegiatan keagamaan dan kegiatan keramaian yang relatif sudah tidak dilaksanakan di Provinsi Banten.

Dalam kesempatan itu Gubernur WH juga mengungkapkan, di Provinsi Banten terdapat 16.730 industri baik besar, menengah, dan kecil. Pemerintah diharapkan memberikan perhatian terhadap warga yang terdampak, tim sudah menghitung termasuk di dalamnya BPS Banten.

“Bahwa 40 persen dari 11 juta penduduk Banten yang terkena dampak ekonomi. Pemprov Banten sudah melakukan simulasi dan mencoba menghitung berapa dana yang dibutuhkan dan menghitung juga proyek-proyek pemerintah yang kita geser atau relokasi anggarannya. Perhatian pemerintah juga terhadap hajat hidup masyarakat yang berkaitan dengan kebutuhan hidupnya,” jelasnya.

BACA :  Arief Resmikan Gerai Pusat Oleh-oleh di Jalan Veteran Babakan Tangerang 

WH menyebut, Presiden Joko Widodo memberikan dukungan penuh bantuan terhadap masyarakat yang terdampak dengan memberikan bantuan sama-sama dengan pemerintah daerah, baik kabupaten maupun kota.

Banten Memasuki Massa Panen

Terkait stok kebutuhan pokok dan logistik di Provinsi Banten, WH memastikan semuanya aman untuk tiga bulan ke depan.

“Kebutuhan pokok dan logistik tiga bulan ke depan di Banten aman,” pungkasnya.

WH menyampaikan Provinsi Banten telah memasuki panen pertama hingga pertengahan bulan April.

“Karena itu, untuk tiga bulan ke depan persediaan beras di Banten sudah mencukupi. Dan harga kebutuhan pokok lainnya stabil dan masih terkendali,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengusulkan agar Bulog membeli gabah basah dan kering yang ada di petani Banten untuk memanfaatkan hasil panen para petani.

BACA :  Pemkab Lebak Gelar Pesta Tahun Baru, PKS: Harusnya Muhasabah biar Keluar dari Daerah Tertinggal

“Sejalan dengan itu, tentunya Pemprov Banten sendiri sudah menyiapkan dana yang cukup untuk membeli hasil panen petani dan memdukung upaya-upaya ketahanan pangan di Provinsi Banten,” paparnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh