Connect with us

Berita Terbaru

Kunjungan Wisatawan Sepi Gara-gara Corona, Karyawan Pantai Kerang Marina and Resort Isi Waktu dengan Tanam Mangrove

Published

on

Karyawan Pantai Kerang Marina and Resort menanam mangrove untuk memulihkan ekosistem laut sekaligus mengisi kegiatan selama operasional resort berhenti gara-gara Corona. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pandemi Virus Corona (Covid-19) membuat dunia pariwisata di Kabupaten Pandeglang kembali terpuruk. Padahal, satu tahun ke belakang ini, pelaku pariwisata di Pandeglang sudah berusaha bangkit setelah luluh lantak dihantam tsunami.

Sejak virus Corona merebak, kunjungan wisatawan ke pantai di Pandeglang kembali ‘cekak’. Praktis, karyawan di sejumlah cottage dan hotel di Pandeglang tak lagi memiliki kegiatan.

Untuk mengisi kegiatan selama sepi kunjungan, pengelola Pantai Kerang Marina and Resort di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, mengajak karyawannya menanam ribuan pohon mangrove jenis Rhizopora mucronata di sekitar pesisir pantai.

BACA :  Pencuri iPhone di Lippo Karawaci Tipu Puluhan Pramugari

Penanaman mangrove juga bertujuan menjaga ekosistem laut dan mencegah abrasi.

Salah seorang Karyawan Pantai Kerang, Samad mengatakan, jumlah pohon mangrove yang ditanam ada sekitar 5.000 pohon. Penanamam ribuan pohon mangrove ini, sudah berlangsung selama seminggu.

“Ya saya tanam 5.000 mangrove bersama tiga rekan saya. Saya diperintahkan menanam mangrove oleh si bos untuk menyelamatkan pantai dari abrasi air laut,” katanya, Minggu, 5 April 2020.

Kegiatan menanam mangrove dilakukan karyawan Pantai Kerang Marina and Resort untuk mengisi kegiatan selama KLB Corona. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Sementara pengelola Pantai Kerang, Sinaga Wiogo mengatakan, penanaman mangrove ini baru tahap pertama. Selanjutnya, Pantai Kerang juga akan menanam ribuan mangrove kembali.

BACA :  Pabrik Pengolah Gula di Cilegon Didemo Warga

“Mudah-mudahan di tahap kedua bisa nyusul 5.000 batang lagi, jadi ke depannya Pantai Kerang memiliki mangrove untuk menyelamatkan pantai dari abrasi dan menyelamatkan habitat laut,” ujarnya.

Menurutnya, penanaman ini juga untuk mengisi kekosongan saat Pandemi Virus Corona atau Covid-19. Karena saat ini, Pantai Kerang sudah tidak menerima kunjungan wisatawan.

“Saya perintahkan tanam mangrove saja, supaya bermanfaat, dari pada enggak ada kegiatan. Selama ini kan Pantai Kerang sepi pengunjung dan memang ditutup selama pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler