Sempat Defisit 133 Ton, Produksi Beras di Lebak Aman untuk Satu Tahun ke Depan

Date:

Pedagang beras di kota serang
FOTO ILUSTRASI. Salah seorang pedagang beras di Kota Serang tengah menunggu pembeli. Harga beras di Kota Serang naik sejak dua bulan ke belakang. (Banten Hits/ Mahyadi)

Lebak- Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak mengklaim produksi beras di Kabupaten Lebak aman atau bisa mencukupi kebutuhan selama 12,3 bulan ke depan. Meskipun di periode Januari-Februari sempat mengalami defisit 133 Ton.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak Iman Nurzaman mengatakan produksi beras saat ini mengalami surplus sebanyak 147.454 ton.

“Kami menjamin produksi beras relatif aman dan cukup, meski data Januari-Februari 2020 terjadi defisit hingga 133 ton,” kata Iman kepada awak media, Jumat, 3 April 2020.

Menurut Iman, pemerintah daerah menjamin produksi beras relatif aman dan mencukupi untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Kabupaten Lebak yang berpenduduk 1,2 juta jiwa tersebar di 28 kecamatan.

Bukan tanpa alasan, Iman menerangkan produksi beras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak saatbini masih didatangkan dari petani lokal, sehingga tidak menjadikan kekhawatiran dan kepanikan, terlebih adanya wabah virus corona atau Covid-19.

“Belum lagi di beberapa daerah di Kabupaten Lebak mulai panen, sehingga kebutuhan pangan dipastikan melimpah,”terangnya.

Meski jadwal tanam sempat tertunda lantaran kemarau panjang, Iman memprediksi panen besar akan terjadi di bulan April-Mei hingga di atas 21.000 hektare dari angka tanam Januari-Februari 2020.

“Kami yakin produksi beras tahun 2020 dipastikan kembali surplus,” katanya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...