Connect with us

Advertorial

Optimalkan Penanganan Covid-19, Dinkes Kabupaten Serang Rajin Monitoring Puskesmas

Published

on

Dinas Kesehatan Kabupaten Serang saat melakukam monitoring ke Puskesmas untuk memaksimalkan pelayanan Covid-19. (Istimewa)

Serang – Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang melakukan monitoring kesiapsiagaan Puskesmas, dalam penanganan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kali ini, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Dokter Agus Sukmayadi, yang di temani oleh Kasubag Umum Kepegawaian, Nurnaningsi Yahya. Meninjau Unit Pelaksana Tugas (UPT) Puskesmas Ciomas.

Hasil dari peninjauan maupun sidak di UPT Puskesmas Ciomas, Ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD), Obat, Alat Kesehatan (Alkes), Sumber Daya Manusia (SDM), serta sarana penunjang lainnya. Dinyatakan aman, dan memadai.

“Kita sebagai petugas kesehatan, harus siap dalam penanganan wabah Covid-19 ini. Mulai dari deteksi ODP dan PDP. Makanya, perlu di lakukan monitoring, ketersedia pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas,” ungkap Dokter Agus Sukmayadi dalam sambutanya, Jum’at(3/4/2020).

BACA :  Prioritas PDAM Kota Tangerang, Pengembangan Wilayah Pelayanan dan Target 60 Ribu Sambungan

Pada kesempatan itupun, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Dokter Agus Sukmayadi memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak panik, dengan wabah Covid-19.

“Saya kira, para petugas kesehatan harus melakukan diagnosa dengan tepat. Jangan sampai masyarakat resah, ketika kita menangani pasien yang bukan di duga Covid-19. Jelaskan kepada mereka (Masyarakat , Red), kondisi pasien seperti apa.  Sehingga dapat memberikan edukasi untuk tidak panik,” jelas Dokter Agus Sukmayadi yang akrab di sapa Dokter Agus.

Sementara itu, Kasubag Umum Kepegawaian, Dinkes Kabupaten Serang, Nurnaningsi Yahya mengakui, akan melakukan monitoring di setiap Puskesmas di Kabupaten Serang. “Semua Puskesmas akan kita monitor. Kebetulan, kali ini adalah Puskesmas Ciomas. Esok hari, barulah kita menuju Puskesmas Padarincang,” singkat Nurnaningsi Yahya.

BACA :  Fokus soal Pengarus-utamaan Gender, Kota Tangerang Masuk Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya 2018

Di ketahui, pada kegiatan monitoring dan sidak di Puskesmas Ciomas. Dinkes Kabupaten Serang menamai kegiatan tersebut, yaitu kesiapsiagaan Puskesmas dalam penanganan Covid 19.

Kedatangan para pegawai Dinkes Kabupaten Serang, disambut hangat oleh Kepala UPT JPK, Wahyu Suwargi, Kepala Puskesmas Ciomas Saepudin, dan karyawan lainya.

Dinkes Kabupaten Serang pun mengingatkan, kepada seluruh petugas medis di Puskesmas, agar dapat menggunakan APD yang disesuaikan dengan kasus di tangani. [ADV]



Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh