Connect with us

Berita Terbaru

Capaian Pajak di Pandeglang “Memble”, APBD Terancam Defisit

Published

on

Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Pandeglang, Yahya Gunawan. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pendapatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang tahun 2020 dari sektor pajak “Memble” gara-gara pandemi Covid-19 atau virus corona.

Hal itu dilihat dari capaian pajak triwulan pertama yang baru tercapai sebesar 11 persen dari total target senilai Rp50 miliar. Padahal, tahun lalu pada triwulan pertama sudah mencapai 16 persen dari target sebesar Rp49 miliar.

Penurunan realisasi pajak tersebut terjadi di lima sektor pajak, seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak parikir dan pajak air bawah tanah.

“(Virus Corona) jelas berdampak pada pensapatan pajak. Karena sejumlah destinasi wisata pada tutup semenjak adanya corona,” kata Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Pandeglang, Yahya Gunawan, Jumat, 10 April 2020.

BACA :  Hadirkan Pendiri Rumah Dunia Gol A Gong, Diskerpus Ingin Masyarakat Lebak Gemar Membaca dan Menulis

Menurut Yahya, Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB PP) juga akan berpotensi mengalami penurunan pendapatan. Karena, petugas pemungut pajak tidak bisa langsung bertemu dengan wajib pajak untuk menyampaikan tagihan SPPTnya.

“Termasuk PBB PP, karena memang kita tidak bisa ke lapangan dan tidak bisa bertemu secara langsung dengan para wajib pajak,” jelasnya.

APBD Terancam Defisit

Penurunan pendapatan pajak itu, turut mengancam postur APBD Pandeglang tahun 2020. Karena jika realisasi pajak tidak tercapai, APBD Pandeglang akan mengalami defisit.

Namun Yahya belum bisa menghitung besaran jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan mengalami penurunan sampai meredanya wabah Covid-19.

“Dari 11 Sektor Pajak, kami menargetkan Rp51 miliar, kalau 5 sektor pajak ini tidak tercapai maka akan berakibat pada defisitnya APBD Pandeglang,” pungkasnya.

BACA :  Jelang Tahun Baru, Polisi Musnahkan Puluhan Ribu Petasan dan Miras

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler