Connect with us

Berita Utama

Corona di Kecamatan Kibin Serang Diduga Telah Menyebar, Hasil Rapid Test Keluarga Pasien Sama-sama Positif

Published

on

Relawan Covid-19 atau virus Corona dari FK dan FON UPH tengah bekerja di Siloam Hospitals. (Istimewa)

Serang – Kasus pertama pasien positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Serang diumumkan Kamis, 9 April 2020.

Kasus positif Corona dipastikan setelah keluar hasil laboratorium dari warga Kecamatan Kibin, pasien dalam pengawasan (PDP) Corona di RSUD Banten.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang bergerak cepat. Mereka melakukan pelacakan kontak pasien di rumah, lingkungan dan tempat lainnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang Agus Sukmayadi mengatakan, tim langsung melakukan rapid test kepada keluarga pasien, Kamis, 9 April 2020.

Hasil rapid test, keluarga pasien Sama-sama positif. Namun, Agus tak merinci keluarga pasien yang Sama-sama positif.

BACA :  Hakim PN Pandeglang Rampas Kamera Wartawan, Forkawal: Hakim Kok Tidak Tahu Undang-undang

Untuk menghindari social bullying, Agus menggunakan istilah reaktif untuk hasil rapid test yang menunjukkan positif Corona.

“Keluarganya saat rapid test reaktif (positif Corona). Besok (Jumat, 10 April 2020) akan dilakukan pelacakan lanjutan terhadap lingkungan sekitar dan kontak terdekat,” papar Agus.

“Reaktif itu maksudnya hasil pemeriksaan rapid tesnya memperlihatkan nilai positive, tetapi untuk menghindarkan anggapan (negatif) masyarakat bahwa (pasien) positif virus Covid-19, jadi (digunakan istilah) reaktif,” sambungnya.

Berdasarkan pelacakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang, warga Kecamatan Kibin yang positif Corona diketahui berkunjung ke Jakarta untuk melakukan pertemuan selama tiga kali, yakni 14, 17 dan 18 Maret 2020.

“Ada beberapa informasi yang diperoleh dari PS (pasien positif) dan keluarga yaitu (berkunjung ke Jakarta) tanggal 14 dan 17-18 Maret 2020,” ungkap Agus melalui pesan WhatsApp kepada BantenHits.com, Kamis malam, 9 April 2020.

BACA :  Panen Raya, Iti Optimis Lebak Bisa Jadi Lumbung Pangan Nasional

Menariknya, tanggal 14 Maret 2020 adalah hari diumumkannya KLB Corona di Banten. Artinya, meski sudah ditetapkan KLB Corona, warga tetap berkunjung ke Jakarta.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

CATATAN:

Redaksi melakukan perubahan judul pada berita ini dengan menghilangkan nama desa karena terjadi kekeliruan penyebutan nama desa.

Redaksi juga memutuskan tak mencantumkan nama desa pada pemberitaan tersebut karena khawatir memicu keresahan.

Demikian klarifikasi/perbaikan pemberitaan kami lakukan. Kami mohon maaf jika pemberitaan kami telah memicu keresahan. 



Terpopuler