Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Siapkan Rp63 Miliar untuk Bansos Warga Terdampak Covid-19

Published

on

Koordinator Sekretariat Gugus Tugas Covid-19, Dede Jaelani saat memberikan keterangan pers. (BantenHits.com/Fariz Abdullah)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak menyiapkan anggaran Rp106,9 Miliar untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Lebak. Anggaran tersebut hasil refocusing anggaran sesuai dengan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Koordinator Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lebak, Dede Jaelani menjelaskan anggaran Rp106,9 miliar di plot untuk beberapa kategori mulai dari antisipasi dan penanganan Covid-19, penanganan dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosial.

“Itu kita harapkan awal sampai bulan Oktober 2020,”kata Dede kepada awak media di Gedung Setda Lebak, Senin, 13 April 2020.

Dede menjelaskan dari Rp106,9 Miliar yang paling menyedot banyak anggaran dari Jaring Pengaman Sosial (JPS) atau Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga terdampak Covid-19 sebesar Rp63,69 Miliar, untuk antisipasi dan penanganan Covid-19 Rp37,45 miliar dan untuk penanganan dampak ekonomi, yakni dukungan industrial dan pemulihan ekonomi daerah Rp5,76 miliar.

BACA :  GP Ansor Ajak Masyarakat Hindari Konflik dan Paham Radikalisme

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lebak Budi Santoso menyatakan, realokasi anggaran dilakukan sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dari semua OPD, anggaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) paling besar dipangkas.

“Anggaran penanganan Covid-19 dari semua OPD terhimpun sebesar Rp106,9 miliar. Anggaran tersebut akan dioptimalkan untuk antisipasi dan penanganan Covid-19, penanganan dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosial,” kata Budi.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah Kabupaten Lebak melalui pemerintah desa tengah melakukan pendataan penerima Bansos Covid-19.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler