Sebaran Covid-19 Mengkhawatirkan, Santri Asal Ponpes Ternama di Jawa Timur Ramai-ramai ‘Mudik’ ke Banten

Date:

Santri Pondok pesantren modern Gontor, Jawa Timur saat menjalani tes pemeriksaan kesehatan di Stadion MY, Kota Serang. (Istimewa)

Serang- Sedikitnya 167 santri Pondok Pesantren Modern Darusaalam Gontor, Jawa Timur, tiba di Provinsi Banten, Minggu, 12 April 2020. Mereka dipulangkan pihak yayasan lantaran kondisi Covid-19 di wilayah Jawa Timur mengkhawatirkan.

Sebelum dipulangkan, para santri terlebih dahulu menjalani pemeriksaan tim gugus Covid-19 Kota Serang di Stadion Maulana Yusuf (MY) Ciceri, Kota Serang.

“Mereka ini (Ratusan Santri Gontor, Red) di Liburkan dari mata kuliah pembelajaran. Hingga menunggu situasi dan kondisi aman, makanya di pulangkan ke kampung halaman,” ungkap Kasi Dalop, Dishub Kota Serang, Bambang Ruyadi, saat di temui di lokasi.

Bambang juga menjelaskan, bahwasannya pihak kepolisian yang mengawal ke datangan para Santri dari Gontor hingga Kota Serang. Sedangkan dirinya, hanya menyambut dan membantu Gugus Tugas Penangan Covid-19, di Kota Serang.

“Kita hanya membantu dalam penanganan tes kesehatan, dari posko pemeriksaan. Di bikin jalur setiap bus, satu persatu turun  bergantian,” jelas Bambang.

Hasil dari pemeriksaan itupun, dikatakan Bambang, ratusan santri Gontor dinyatakan aman, dan negatif Covid-19. Dengan begitu, diperbolehkan pulang kerumah masing-masing.

“Usai kita screening seperti biasa jarak satu meter lebih, kelihatan sudah aman dan di serahkan ke keluarga yang menjemput,” tutup Bambang.

Diketahui, dalam pemeriksaan ratusan santri dilakukan secara prosedur, diperiksa menggunakan thermogun, dan di tanyakan keluhan. Hasilnnya pun, tidak ada yang terindentifikasi wabah Covid-19.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related