Connect with us

Berita Terbaru

Asyik!! Dana BLT Desa di Pandeglang Cair Mei 2020

Published

on

Foto Ilustrasi: bantuan beras untuk ODP dan PDP Corona di Pandeglang. Beras akan dibagikan oleh petugas yang mengenakan jas hujan. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan memastikan dana Bantuan Langsung Tunai atau BLT Desa di Pandeglang akan dicairkan pada Mei 2020 mendatang.

Pencairan BLT Desa ini sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia No 6 Tahun 2020, tentang Perubahaan Peraturan Kemendes PDTT No 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

“BLT desa ini, akan dicairkan Mei. Kenapa lama? Karena kita harus menyusun Perbup, setelah itu Perbupnya ada, baru perubahan APBDes, lalu bisa disalurkan,” kata Doni, Senin, 20 April 2020.

BACA :  Jadi Instansi Vertikal, Pemkab Pandeglang Siapkan Teknis Pemberhentian Dua Pejabat Disdukcapil

Menurut Doni, mekanisme penyaluran BLT Desa ini, melalui rekening penerima manfaat, agar tidak ada pemotongan. Oleh karena itu, DPMPD bekerjasama dengan Disdukcapil agar segera membuatkan KTP calon penerima manfaat supaya segera membuat rekening.

“Bantuan itu non tunai, jadi lewat rekening agar tidak di korupsi. Kalau yang tidak punya rekening, kita paksakan dulu supaya punya, kalau pun sudah di paksakan tetap tidak punya, kami sepakat untuk menggantinya dengan sembako,” jelasnya.

Dia menegaskan, setiap Desa harus menganggarkan Dana Desa (DD) untuk bantuan ini sekitar 25-35 Persen, di sesuaikan dengan DD. Sementara untuk, penerima manfaat BLT Desa, harus benar-benar masyarakat yang tidak tercover bantuan pemerintah seperti PKH, BPNT, dan Jamsosratu.

BACA :  Kapolres Belum Tahu Kasus Firman

“Mereka harus siap (menganggarkan) enggak boleh tidak siap, itu sudah jelas aturannya. BLT ini di peruntukan bagi masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19 tetapi tidak menerima PKH, BPNT, dan Jamsosratu,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler