Rp 6,4 M Digelontorkan untuk ‘Uang Lelah’ Petugas Gabungan yang Bersiaga di Perbatasan Lebak Selama KLB Corona

Date:

FOTO ILUSTRASI. Posko perbatasan di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. (Istimewa)

Lebak- Sedikitnya 360 anggota petugas gabungan TNI- Polri, Dinas Perhubungan, Tenaga Kesehatan dan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mendapatkan ‘uang lelah’ selama berjaga di posko perbatasan.

Mereka akan mendapatkan insentif Rp100 ribu per hari nya dari total anggaran Rp6,48 miliar yang telah disiapkan dari hasil refocusing anggaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, sejak awal April 2020 Pemkab Lebak mendirikan 10 posko penanganan Covid-19 di wilayah perbatasan. 10 titik posko tersebut dijaga 24 jam oleh petugas gabungan. Total personel yang disiagakan di tiap posko sebanyak 36 orang per hari. Jadi, untuk 10 posko pemantauan pergerakan massa di wilayah perbatasan sebanyak 360 orang.

“Jadi, sistem kerjanya dibagi menjadi tiga shift. Masing-masing shift ada 12 orang personil yang berjaga selama delapan jam,”kata Kaprawi kepada awak media, Senin, 20 April 2020.

Menurutnya, anggota yang tidak berjaga atau bolos saat waktu yang ditentukan tidak akan mendapatkan insentif. Pengawasan secara ketat akan dilaksanakan.

“Pengawasannya akan kita lakukan secara ketat. Jadi, personel yang berjaga enggak bisa mengelabui kami. Termasuk yang jaga pada dini hari,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Lebak Acep Dimyati mengingatkan BPBD Lebak agar menggunakan anggaran tersebut dengan sebaik-baiknya. Dia ingin pengawasan terhadap masyarakat yang keluar masuk Lebak berjalan dengan optimal. Sehingga pemerintah daerah tidak kecolongan dengan adanya masyarakat yang positif corona masuk ke Lebak.

“Kita minta para personel yang ditugaskan untuk menjaga perbatasan bekerja sungguh-sungguh. Khususnya yang mendapatkan jadwal shift 3 mulai pukul 24.00 sampai 7.00 WIB. Jadi, kerjanya jangan hanya tidur di posko, karena pergerakan manusia waktunya bisa kapan saja,” katanya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...