Connect with us

Berita Terbaru

Pemuda Cikulur Warning Kepala Desa soal Penggunaan DD untuk Covid-19

Published

on

images.jpeg-9

FOTO ILUSTRASI. Dana Desa (Istimewa)

Lebak- Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Cikulur mewarning para kepala desa soal penggunaan Dana Desa (DD) untuk Covid-19. Dalam penggunaannya mereka diminta mengedepankan transparansi.

“Seperti yang kita tahu pandemi covid-19 ini memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat indonesia terutama dari aspek ekonomi, untuk itu diperlukan kehati-hatian dan transparansi dalam menggunakan anggaran tersebut,”Ketua KNPI Cikulur, Habibi kepada BantenHits.com, Minggu, 26 April 2020.

Menurutnya, Dana Desa yang dititipkan ke Desa sepenuhnya harus dipergunakan untuk kepentingan masyarakat, tidak boleh ada kepentingan lain diatasnya.

“Anggaran fantastis itu diperuntukan untuk masyarakat. Mereka (masyarakat) berhak tau realisasinya,”tuturnya.

BACA :  Rusak, Begini Kondisi SDN Karawaci Baru 4 dan 6 saat Dikunjungi Wali Kota

Sementara itu, Sekretaris KNPI Cikulur, Nastolih Judin mengungkapkan bahwa pemerintah desa wajib menginformasikan penggunaan Dana Desa di desanya masing-masing. Hal ini kata Nastolih bertujuan agar masyarakat dapat ikut serta mengawal penggunaan dana desa dan berpartisipasi dalam pembangunan desa.

“Sesuai dengan Surat Edaran dan Permendes PDTT tersebut, setidaknya ada dua poin yang menjadi fokus perhatian kami, pertama BLT yang kedua Padat Karya Tunai Desa, kami ingin ini betul-betul direalisasikan dengan baik,”pungkasnya.

Untuk diketahui pemerintah pusat telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Peraturan Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertiggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

BACA :  Bola Panas Kasus TPPU Suami Wali Kota Tangsel Terus Bergulir, Mantan Pejabat Pemprov Banten Beberkan Pemberian Uang untuk Rano Karno

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler