Connect with us

Berita Terbaru

Wanita Muda Korban PHK Pabrik Terdampak Corona Bikin Bazar Ramadan Online, Tarif Semua Menu Takjil Rp 5 Ribu

Published

on

Pedagang Takjil

FOTO Ilustrasi: Berbagai menu takjil dijual di Pusat Jajanan Kota Rangkasbitung.

Tangerang – Dampak pandemi virus Corona (Covid-19) salah satunya dirasakan Sari (29) warga RW 11, Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Belum lama ini, Sari di-PHK oleh pabrik yang menjadi satu-satunya sumber utama pendapatan Sari. Pabrik kolaps setelah terdampak pandemi virus Corona.

Ibarat jatuh lalu tertimpa tangga, ternyata selang beberapa waktu kemudian, Heri (38), suami Sari juga menjadi korban PHK di pabrik berbeda yang juga terdampak pandemi virus Corona.

Tapi Sari bukan tipikal orang yang gampang menyerah. Kondisi sulit dia jadikan pelecut untuk terus memaksimalkan ikhtiar. Dia pun kemudian terpikir untuk membuat bazar Ramadan online.

BACA :  Simpan 2 Kg Ganja, Buruh Pabrik Garmen Diamankan Polisi

Ide Sari kemudian direspons sembilan ibu rumah tangga lainnya yang bernasib sama di kawasan itu. Mereka pun sepakat untuk membuat bazar Ramadan online yang hanya menjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Gayung bersambut. Saat Sari dan sembilan warga lainnya sudah sepakat membuat bazar Ramadan online, Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia kemudian memgucurkan bantuan untuk mereka.

Karena secara kebetulan tempat tinggal Sari masuk program Kampung Berseri Astra (KBA). KBA Cengkareng Timur merupakan salah satu kampung dari 21 kampung binaan lainnya di berbagai wilayah di Indonesia yang dibina oleh Auto2000.

“Kami ingin melakukan langkah sederhana untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan membuat Bazar Ramadan Online selama bulan puasa di KBA binaan Auto2000. Harapannya, bantuan yang diberikan dapat memberikan semangat pada warga yang terdampak secara ekonomi,” kata Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com, Sabtu, 25 April 2020.

Dealer Auto2000. (Foto: Dok. BantenHits.com)

Ditambahkan M. Ichwanudin, Public Relations Auto2000, Sari dan sembilan ibu rumah tangga lain membuat dan menjual menu takjil untuk dijual ke warga sekitar KBA secara online.

BACA :  Awal Tahun, Pemkab Pandeglang Jalin 35 Kerja Sama Antardaerah

Makanan dan minuman dipesan melalui WhatsApp. Kemudian pesanan akan diantar ke rumah warga.

“Warga yang ingin memesan takjil cukup mengisi form pesanan online yang sudah dibuat dan dikirimkan ke nomor-nomor WhatsApp warga sekitar,” jelasnya.

Harga takjil yang dibuat Sari dan shilan warga lainnya ini juga sangat terjangkau. Semua menu hanya dipatok Rp 5.000 per porsi.

Meski harganya super murah, seluruh menu yang dijual ibu-ibu di KBS Cengkareng Timur ini memiliki citarasa yang menggugah selera dan diolah secara higienis.

Ada berbagai macam menu yang bisa dipesan, seperti aneka gorengan, bubur sumsum, es sop buah, es kelapa, kolak pisang, kolak biji salak, serta lontong isi oncom dan sayur. Kurang lebih 50 -100 takjil tiap harinya akan dijual.

BACA :  Kawal Demo Buruh di Kantor Gubernur, Polresta Tangerang Siapkan 400 Personel

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler