Connect with us

Berita Terbaru

Setelah PSBB Muncul Gerakan BSBB Digagas Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir

Published

on

Seorang prajurit Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Menbanpur 2 Marinir) memberikan sembako kepada warga yang membutuhkan saat menggelar Bakti Sosial Berskala Besar atau BSBB serempak di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, Sabtu, 2 Mei 2020.(Istimewa)

Tangerang – Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB menjadi kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Setelah PSBB diberlakukan di berbagai wilayah, mendadak muncul gerakan BSBB. Istilah ini nyaris terdengar sama walau pelakaannya beda. Lalu apa itu BSBB?

BSBB adalah Bakti Sosial Berskala Besar. Pertama kali digaungkan Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Menbanpur 2 Mar) Kolonel Marinir Citro Subono. Dia memimpin prajurit Marinir melakukan BSBB secara serempak di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, Sabtu, 2 Mei 2020.

BACA :  Santri, Kiyai dan 'Orang Penting' di Pelosok Lebak Ramai-ramai Turun ke Jalan Bela Muslim Palestina

BSBB yang dimaksud berupa pembagian sembako, penyemprotan disinfektan Covid-19 dan fogging demam berdarah secara serentak di beberapa tempat di wilayah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

Menurut Citro Subono, pandemi Covid-19 berdampak besar bagi warga yang rentan terdampak corona, yakni kelompok pekerja informal, di antaranya tukang ojek, tukang becak, sopir angkot, sopir taksi, guru ngaji, marbot masjid, kelompok tunanetra dan pedagang kaki lima (PKL). 

Prajurit Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir memberikan sembako pada tukang becak saat menggelar BSBB. (Istimewa)

BSBB yang digaungkan Menbanpur 2 Marinir ini turut menggandeng Rustic Wood Workshop, Boronglo Store, Yayasan Sosial Penamas, PT. Calvary, PT. Sumber Jaya Sakti, PT.Prawira Tata Pramana, PT.Garda Dinamika Telekomunikasi, Comunitas Otomotif Black Car dan Terano Club Indonesia.

BACA :  Pelaku Pembakaran Seragam dan Sepeda Motor Anggota Polisi di Pandeglang Ternyata Residivis

Dalam kesempatan tersebut Prajurit Menbanpur 2 Mar yang dipimpin langsung oleh Danmenbanpur 2 Mar terjun langsung membagi sembako, melakukan penyemprotan disinfektan covid-19 dan fogging demam berdarah dengan didukung beberapa unit Jeep kendaraan taktis (Rantis) Korps Marinir sebagai mobil disinfektan.

“Agar pembagian sembako lebih efektif dan tepat sasaran, maka pembagian dengan cara parsial yaitu mendatangi langsung penerima,” kata Citro Subono melalui keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com.

Prajurit Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir melakukan penyemprotan disinfektan dan fogging saat menggelar BSBB. (Istimewa)

Selain tepat sasaran, lanjutnya, pemberian bantuan dengan mendatangi langsung penerima juga berguna meminimalkan kerumunan massa serta sebagai bahan edukasi dalam rangka menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) sebagaimana imbauan Pemerintah untuk pencegahan penularan virus Covid-19. 

BACA :  Usianya Tak Layak Disuntik Vaksin COVID-19, Gubernur Banten Hanya Hadiri Vaksinasi Perdana di Banten Besok

Karena BSBB digelar serempak, para prajurit Marinir ditempatkan tersebar, yakni prajurit Marinir Mako Menbanpur 2 Mar di bawah pimpinan Kapten Mar Heru melaksanakan pembagian sembako dan penyemprotan disinfektan mulai dari Perumahan dinas TNI AL Gunungsari, Jogoloyo, Wonokromo.

Kemudian, rajurit Batalyon Zeni 2 Marinir yang dipimpin oleh Letkol Marinir I Nyoman Polih IP melakukan pembagian sembako dan penyemprotan disinfektan di wilayah Gresik dan Surabaya, sedangkan prajurit dari Batalyon Polisi Militer 2 Mar dipimpin oleh Danyon POM 2 Mar Letkol Laut (PM) Edwin Heryana melakukan pembagian sembako di wilayah Sidoarjo dan Gresik.

“Kegiatan sosial merupakan tindak nyata yang dilakukan secara tulus ikhlas langsung kepada masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler