Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Lebak Siapkan Suntikan Modal untuk UMKM; Anggaran Mencapai Rp 10 Miliar

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat menjau stand UMKM Lebak.(Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak menyiapkan anggaran sebesar Rp10.474.800.000 untuk membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dana hasil realokasi tahap pertama itu rencananya untuk membantu biaya hidup dan modal UMKM.

Kabid Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UKM Lebak, Omas Irawan mengaku pemberian suntikan modal saatbini masih dalam tahap penyusunan daftar UMKM.

“Masih kami susun. Pendataannya memang bukan oleh Dinas UKM saja tetapi bersama tim yang di-SK-kan yakni Disperindag dan Dinas Pariwisata,” kata Omas Irawan di kantornya, Senin, 4 Mei 2020.

Berdasarkan data yang ada, total UMKM yang tersebar di 28 kecamatan di Lebak sebanyak 50.338. Tentu saja kata Omas, puluhan ribu UMKM tersebut diverifikasi dan dicek kembali agar sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan.

BACA :  Zona Hijau di Tempat Pembuangan Akhir Rawa Kucing

“Semua memang terdampak, tapi kami lihat mana saja UMKM yang sudah benar-benar tidak bisa memproduksi karena berbagai faktor misalnya karena sudah tidak ada orderan dan lain-lain, istilahnya yang sudah gulung tikar lah,” jelas Omas.

UMKM yang diajukan mendapat bantuan juga diprioritaskan terlebih dahulu bagi UMKM yang memang menjadi binaan dinas. Omas menilai, UMKM-UMKM binaan bisa dipastikan masih tetap eksis dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Yang di luar binaan akan menjadi bahan masukan. Karena kan pengajuannya tidak sekaligus, bertahap, tetapi priotasnya adalah UMKM binaan dan UMKM yang sama sekali sudah tidak berproduksi,” terang dia.

Omas menerangkan, data yang sudah disusun kemudian akan diserahkan terlebih dahulu ke bupati untuk disetujui. Kemudian, BPKAD akan berkoordinasi dengan Dinsos untuk memastikan pelaku UMKM penerima bukan penerima manfaat dari bantuan seperti PKH maupun Program Sembako.

BACA :  Data Kerusakan Gempa Lebak Terkini: 1.133 Rumah Rusak, Korban Jiwa Masih Divalidasi

“Agar tidak dobel. Mudah-mudahan minggu-minggu ini kami bisa sampaikan nota dinas ke Ibu Bupati,” katanya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler