Anggaran Dialihkan untuk Covid-19, Ratusan RTLH di Pandeglang Batal Dibangun

Date:

FOTO ILUSTRASI. Kondisi rumah milik Samlawi dan Lina yang reot. Rumah yang terbuat dari bilik itu turut dihuni oleh dua anaknya. (Dok. BantenHits).

Pandeglang -Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Pandeglang, tahun ini batal membangun ratusan rumah warga miskin di Kabupaten Pandeglang.

Hal itu karena, anggaran pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang didanai Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020, dialihkan untuk penanganan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Pandeglang.

“Ada sekitar 175 lebih RTLH yang didanai DAK batal dibangun, karena semua kegiatan dari DAK tidak bisa dilakukan tahun ini, baik RTLH maupun kegiatan lainnya. Bukan hanya di Pandeglang, itu kabupaten/kota lain juga sama,” kata Kepala DKPP Pandeglang, Syarif Hidayat, Selasa, 5 Mei 2020.

Padahal menurut Syarif, tahun ini DPKPP merencanakan akan membangun 2000 RTLH. DPKPP juga mengaku akan menginventarisir kagiatan yang berusmber dari dana lain untuk bisa direalisasikan tahun ini.

“Kami juga sedang menunggu data dari Provinsi Banten dan pusat, berapa jumlah RTLH yang bisa direhab tahun ini. Kemungkinan datanya keluar pada pertengahan bulan ini,” ujarnya.

Saat ditanya berapa persen jumlah anggaran yang terkena rasionalisasi pandemi covid-19. Syarif mengaku belum mengetahui rinciannya. Saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan inventarisir.

“Yang jelas kalau DAK sudah tidak bisa direalisasikan tahun ini. Harapan kami bantuan dari provinsi dan pusat tidak terdampak,” tandasnya. 

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...