Connect with us

Berita Utama

Seluruh Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Tangerang Dievakuasi ke Wisma Atlet Setelah 12 Orang Reaktif Corona

Published

on

Pemeriksaan seluruh penumpang pesawat carter Eropa Atlantis Airways. Seluruh penumpang pesawat dari Bogota, Kolombia yang merupakan WNI ABK pada sebuah kapal dievakuasi ke Wisma Atlet karena 12 reaktif Covid-19. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Tangerang – Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP Bandara Soekarno-Hatta Tangerang mengevakuasi seluruh penumpang pesawat carter Eropa Atlantis Airways ke Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Wisma Atlet, Jakarta.

Pesawat carter tersebut memuat 211 penumpang terdiri 209 WNI dan dua orang WNA. Pesawat tiba di Bandara Soetta Senin malam, 4 Mei 2020.

Menurut Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta dr. Anas Ma’ruf, seluruh WNI dalam pesawat tersebut adalah ABK pada sebuah kapal. Mereka diterbangkan dari Bogota, Kolombia.

BACA :  Ini Pengakuan Pelaku Spesialis Pencuri Kambing di Sukadiri

Para penumpang pesawat, kata Anas, langsung dilakukan di apron, sesaat setelah mereka turun dari pesawat. Ini berbeda dengan pemeriksaan sebelumnya-sebelumnya yang dilakukan di terminal.

“Khusus penumpang pesawat carter Eropa Atlantis Airways, kita lakukan pemeriksaan di dalam apron. Ini berbeda dengan kasus sebelumnya. Karena ini kita sudah dapat informasi dari awal,” jelas Anas saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu, 6 Mei 2020.

Tak hanya pemeriksaan di apron, petugas yang melakukan penjemputan seluruhnya terpantau menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta dr. Anas Ma’ruf. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berdasarkan pemeriksaan cepat, dari 211 penumpang, 12 dinyatakan reaktif alias positif Covid-19 versi rapid tes.

BACA :  Korban Berlumuran Darah Bergelimpangan, Mobil Pick Up Pengangkut Santri Miftahul Huda Terbalik di Green Lake City Cipondoh

“Berdasarkan kesepakatan, jika ada satu yang positif, reaktif (hasil rapid testnya) maka seluruhnya akan dievakuasi ke Wisma Atlet,” terang Anas.

Anas menjelaskan, hingga Rabu sore, seluruh penumpang pesawat carter Eropa Atlantis Airways ini masih berada di Wisma Atlet.

Rencananya, 12 orang yang reaktif akan menjalani perawatan, sementara yang negatif akan menjalani isolasi mandiri.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler