Connect with us

Berita Terbaru

Cair! Belasan Ribu Warga Ibukota Banten Dapat Bansos Covid-19 dari Kemensos

Published

on

Warga Kota Serang saat mencairkan bansos tunai Covid-19 dari Kementerian Sosial. (BantenHits.com/Mahyadi)

Serang- Sedikitnya 16.266 Kepala Keluarga (KK) di Kota Serang mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos), Sabtu, 9 Mei 2020. Mereka masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu.

Wali Kota Serang, Syafrudin menuturkan di Kota Serang terdapat 90 ribu KK yang terdampak Covid-19. Dimana 16.266 KK dicover oleh Pemerintah Pusat, 30 ribu KK oleh Provinsi dan 50 ribu KK oleh Pemerintah Kota Serang.

“Totalnya di Kota Serang itu, jadi sekitar 90 ribuan KK yang akan mendapat bansos, berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang. Itu belum termasuk yang PKH,” kata Syafrudin kepada awak media.

BACA :  Bangun Saluran Pembuangan Limbah, AP II Ajak Masyarakat di Teluknaga Jaga Kebersihan Lingkungan

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Serang, Poppy Nopriadi menambahkan, jika sebanyak 16.266 KK yang masuk kedalam DTKS tersebut. Masih akan melakui proses verifikasi dari pihak Kementrian Sosial untuk kemudian menerima BLT sebesar Rp 600ribu.

“16.266 kalau semuanya lolos verifikasi. Kalau tidak terverifikasi, dibuka kesempatan untuk perbaikan. Dicari dulu apa salahnya, kecuali yang ganda atau pernah menerina bantuan sebelumnya,” jelasnya.

Ia meyakini, jika proses penyaluran BLT bagi warga terdampak covid-19 di Kota Serang, bisa selesai dalam waktu kurang dari satu bulan. Itu karena tingkat kesulitan penyaluran di Kota Serang masih lebih mudah ketimbang daerah-daerah lain.

“Kalau saya berbincang tadi dengan orang Kemensos, perkiraannya itu 1 sampai 3 minggu. Karena Kota Serang ini kan Ibukota Provinsi. Jadi masuk dalam kategori penyelesaiannya itu 1 sampai 3 minggu. Kalau yang dari luar daerah itu bisa 3 minggu sampe 1,5 bulan, bahkan ada yang 2 sampe 3 bulan, tergantung medannya,” pungkasnya.

BACA :  Ternyata Faktor Ini yang Membuat Pasar Kopo Kabupaten Serang Tak Berpenghuni

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler