Connect with us

Berita Terbaru

Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah Terbesar di Indonesia Dibangun di Dalung Serang

Published

on

Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah terbesar di Indonesia berlokasi di Lingkar Gelam Dalung, Kelurahan Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang sedang dalam proses pembangunan. (Istimewa)

Serang – Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah tengah membangun Pesantren Sulaiminiyah terbesar di Indonesia di Jalan Raya Pandeglang Lingkar Dalung Gelam, Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Pesantren itu direncanakan berdiri di atas lahan 5.000 m2 dan berkapasitas 250 santri.

“Kurikulum di Ponpes Sulaimanıyah adalah memberikan kesempatan kepada seluruh santri yang ingin menghapalkan Alquran dengan waktu yang sangat terjangkau dengan menggunakan metode Tahfidz Turki Utsmani,” kata Ustad Maulana Malik Ibrahim, Ketua Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Serang dalam siaran pers yang diterima BantenHits.com, Senin, 11 Mei 2020.

BACA :  Jaksa Tidak Siap, Sidang Kasus Narkoba Axel Matthew Thomas Ditunda Lagi

Ustad Maulana Malik Ibrahim menuturkan, Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah adalah sebuah pesantren tahfidz bermetode Turki Utsmani yang didirikan pada 2005 oleh para sukarelawan muslim Indonesia dan Turki yang berpusat di Istanbul Turki.

“Di Indonesia, sejak tahun 2005 sampai sekarang sudah membangun kurang lebih 52 cabang pesantren tahfidz di seluruh penjuru nusantara. Kami sekarang sedang memberikan beasiswa kepada kurang lebih 3,500 santri tahfidz di indonesia dan 1.000 santri di Negara Turki,” katanya.

Metode Tahfidz Turki Utsmani ini sudah ratusan tahun diterapkan di seluruh madrasah di Turki.

“Setelah santri selesai menghapalkan Alquran, kami akan memberikan beasiswa kepada seluruh santri untuk mempalajari kitab-kitab kuning dan bahasa arab di Turki,” katanya.

Desain Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah di Lingkar Gelam Dalung, Kota Serang. (Istimewa)

Pondok Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah yang tengah dibangun itu direncanakan memiliki fasilitas non fisik, selain fasilitas fisik. Fasilitas non fisik antara lain memberikan beasiswa selama menempuh belajar di Pesantren Sulaimaniyah Indonesia dan Turki, menghapal Alquran dengan metode Turki Utsmani, mendapakatkan ijazah tafhfid dan satuan pendidikan muadalah (SPM).

BACA :  Dua Pemuda Teluknaga Tewas Minum Miras Oplosan, Polisi Perketat Pengawasan Peredaran Miras

Santri juga berkesempatan melanjutkan pembelajaran ke jenjang Qiraah Sabah dan Asyaroh, berkesempatan mengembangkan keilmuan di bidang yang diminati selama di Turki. Sedangkan fasilitas fisik antara lain tempat belajar, tempat istirahat dan sebagainya.

“Kalau kami rata-ratakan, setiap siswa mendapatkan fasilitas 20 m2 dalam asrama yang luasnya 1.500m2. Kapasitas asrama itu 250 santri,” kata Ustad Maulana.

“Bagi bapak /ibu sekalian yang ingi berbagi demi kelanjutan pembangunan pesantren tahfidz sulaymaniyah serang ini bisa menghubungi Telp/wa Ust Yusuf; 081519576611. Salurkan donasi terbaik anda melalui; BCA No Rek; 6310368111 atas nama united islamic cultural center of indonesia,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler